Tembakan Sperma Kosong?



ANDA, para pria mungkin belum pernah mengalami, sperma tidak optimal meluncur atau tembakan sperma ternyata tidak penuh. Beberapa pria dapat mengalami hal seperti ini. Bila hal ini terjadi, bisa jadi Anda tidak ejakulasi sewaktu orgasme, tetapi sperma malah mengalir ke kandung kemih yang hilang pada saat buang air kecil. Semua usaha memiliki anak hilang sia-sia begitu saja! Kemungkinan Anda menderita “ejakulasi mundur” (retrograde ejaculation).

Untungnya, kondisi seperti ini bukan masalah yang bisa menyebar dan menyebabkan gangguan pada organ tubuh lain. Tapi ada beberapa pria memiliki kasus volume air maninya telah berkurang ketika ejakulasi. Kondisi ini bisa diobati melalui operasi prostat, kandung kemih atau saluran kencing, dan penyakit seperti diabetes atau sklerosa ganda.

Ejakulasi mundur ini biasanya disebabkan oleh penggunaan obat untuk darah tinggi, pembengkakan prostat, kehilangan rambut pada pria, dan penyimpangan psikologis.

Diagnosa dibuat berdasar pada sejarah medis dan kondisi seksualitas secara umum. Pertanyaan-pertanyaan bisa berawal dari apakah pria tersebut pernah menjalani operasi di masa lalunya dan pengobatan apa yang dilakukan pada masa kini.

Setelah itu, dia akan menjalani pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Dokter biasanya akan dengan mudah mengetahui apakah ada sperma yang ditemukan di dalam air mani setelah ejakulasi.

Bila tidak ingin memiliki bayi, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Biarkanlah seperti apa adanya, karena ejakulasi mundur tidak mempengaruhi dorongan seks atau mempengaruhi kesehatan lainnya. Tapi bila serius ingin menumbuhkan benih, carilah perawatan yang tepat.

Dokter akan mencoba mencari penyebabnya. Mereka akan meninjau daftar obat yang akan diberikan kepada pasien dan menyarankan untuk menemui dokter spesialis urologi. Bila terjadi kerusakan saraf atau otot, maka kecil kemungkinan untuk menjadi normal kembali. Sebaiknya temui dokter ahli kesuburan.

Ejakulasi mundur biasanya disalahartikan sebagai terhambatnya ejakulasi. Padahal terhambatnya ejakulasi bisa saja hanya disebabkan oleh kekhawatiran dan stres akibat pekerjaan. Pria yang mengalami hal ini biasanya sulit mencapai klimaks dan akhirnya stres.

Fakta Yang Harus Diketahui Pria:
Terdiri dari apa saja air mani itu?
Ejakulasi terdiri dari dua komponen utama, sel air mani dan cairan seminal. Cairan seminal mengandung kadar gula yang tinggi seperti fructose (gula dari buah-buahan dan madu), beberapa nutrisi seperti besi dan asam sitrat, dan enzim seperti antigen spesifik prostat, dimana dapat melarutkan sebagian besar dari air mani dan juga berfungsi sebagai penanda kanker prostat.

Bagaimana seharusnya warna dari air mani?
Air mani seharusnya terlihat putih atau jernih. Atau bisa juga sedikit abu-abu atau terkadang kuning , itu normal.

Kenapa air mani saya terkadang menggumpal?
Ada komponen dari air mani yang menyebabkannya menjadi seperti gel atau menggumpal. Ini terjadi pada beberapa pria. Bukan berarti ada gangguan kesehatan dan tidak akan mempengaruhi libido dan kesuburan.

Berapa banyak jumlahnya saat ejakulasi?
Jumlah yang normal antara 2-6 ml dengan rata-rata dari 3mls.

Ketika saya ejakulasi jumlahnya berkurang? Apakah ada yang salah?
Volume air mani itu sendiri tergantung pada frekuensi dari ejakulasi, usia dari individu itu sendiri, dan kondisi kesehatan. Jumlahnya dapat berkurang tergantung dari usia dan dipengaruhi oleh penyakit menahun atau halangan dari pipa ejakulasi atau prostat.

Terdapat darah di air mani saya? Apakah saya perlu khawatir?
Darah di air mani, atau hermatospermia, bisa merupakan akibat dari tumor jinak atau menular dari kelenjar prostat, vesikula seminalis, pipa spermatik, dan sistem pembuangan ejakulasi.

Pada kasus tumor jinak, biasanya terjadi karena infeksi di sistem pernafasan urogenital. Bisa disembuhkan dengan antibiotik dan pengobatan anti pembengkakan. Tapi bila darah terus ditemukan di air mani, maka kamu harus konsultasi dengan dokter, untuk amannya.

Urat nadi yang abnormal adalah sebab dari infeksi yang pernah terjadi sebelumnya atau penyebab lainnya yang belum diketahui. Bila darah ditemukan secara bersamaan di air mani kamu, proses endoskopi akan dilakukan di sistem urinasi.

Urat nadi di sistem urinasimu akan terasa seperti terbakar bila memang benar ada ketidaknormalan. Darah di air mani bisa sebagai tanda kanker prostat, yang biasanya terjadi pada pria berusia 40an atau lebih. Siapa saja yang dicurigai mengalami hal ini harus melalui serangkaian pemeriksaan darah dan pemeriksaan rektal.

[Read More...]


Makanan Terbaik Saat Hamil



DIET masa hamil ini akan menjadi sempurna apalagi jika anda bisa mepertahankan semua yang baik hingga setelah masa kehamilan. Selama masa kehamilan, makanan paling baik untuk dikonsumsi adalah makanan yang banyak mengandung serat, rendah kadar lemak, gula dan garamnya. Ini bisa membantu mengurangi resiko komplikasi (akibat diet) selama mengandung seperti diabetes kehamilan, hipertensi akibat kehamilan (preeclampsia), mual, muntah, mulas dan sembelit karena susah buang air besar.


Jumlah makanan sama pentingnya dengan kualitas makanan. Oleh karena itu, cara memasaknya pun menjadi penting. Merebus dan mengukus adalah cara masak paling baik tapi para ibu biasanya cepat bosan dan tidak menikmati makanan seperti ini. Nah Anda bisa mencoba berbagai cara penyajian lainnya seperti goreng aduk, panggang, rebus dan bakar. Cara penyajian ini termasuk sehat asalkan menggunakan sedikit minyak dan lemak. Artinya kurang dari 1 sendok makan untuk setiap jenis makanan. Diet yang sehat harus tetap ada rasa dan tidak perlu hambar.

Pengaruh kafein dalam kehamilan adalah satu hal yang paling sering diteliti. Banyak penelitian membuktikan bahwa aman untuk minum kopi saat mengandung asal tidak berlebihan, kurang lebih 200mg/hari, atau setara dengan 2 cangkir kopi. Jangan lupa, bahwa teh, kakao dan coklat juga mengandung kafein!

[Read More...]


Alergi Tidak Sembuh-Sembuh.




Seorang pria yang mempunyai sakit alergi ( bila pagi hari bersin-bersin terus ), ingin segera terbebas dari alerginya, karena dia jengkel harus minum obat alergi terus menerus. Bila melihat dari gejalanya yaitu bersin-bersin waktu pagi hari sedangkan pada waktu siang hari gejala tersebut hilang sendiri, besar kemungkinan pria ini menderita penyakit alergi yang dinamakan Rhinitis Alergi dengan gejala bersin-bersin disertai pilek bila bertemu/terpapar dengan alergennya ( penyebab alergi ), biasanya yang merupakan alergennya adalah udara yang lembab, debu yang berasal dari rumah, tepungsari bunga2, dan banyak lainnya.

Sebetulnya inti permasalahan disini adalah Daya Tahan Tubuh dan memang semua akar dari masalah kesehatan berasal dari daya tahan tubuh ini. Apabila daya tahan tubuh kuat, maka tubuh kita akan kuat bila menghadapi/bertemu dengan bahan alergen tadi atau sakit penyakit lain, tetapi bila daya tahan tubuh kita lemah, maka mudah sekali alergi tadi timbul.

Bila alergi tadi timbul dapat diatasi dengan mengonsumsi obat anti alergi yang terdiri atas antihistamin ( contoh nya CTM, Difenhiramin.dll ) dan kortikosteroid ( contohnya dexamethason. prednison. methilprednisolon,dll ). Bisa juga ditambah obat-obatan lainnya bila terdapat gejala tambahan seperti obat dekongestan ( untuk melegakan/melonggarkan nafas ), analgesik-antipiretik ( untuk menurunkan demam atau mengurangi nyeri ), dll.

Terkadang kita bisa bosan bila harus meminum obat terus menerus seperti pria tadi, bagaimana supaya kita bisa bebas dari gejala tersebut ( karena memang penyakit alergi susah sembuhnya ), biar kita jarang menderita alergi satu-satunya jalan adalah dengan meningkatkan Daya Tahan Tubuh kita, yaitu dengan mengonsumsi makanan/minuman bergizi, rajin berolah raga, dan beristirahat secara teratur. Atau sekarang banyak sekali obat/suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh contohnya Stimuno, Imunos, Imboos, dll. Untuk lebih memastikan lagi bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan.

Gambar diambil dari http://www.natural-health.com.my/content.php?cat=51



[Read More...]


Tiga Gizi Saat Hamil



TIGA gizi penting yang juga harus diperhatikan ketika hamil adalah asam folat, zat besi dan kalsium. Asam folat diperlukan untuk memenuhi tuntutan pertumbuhan volume darah selama kehamilan. Jika kurang mengkonsumsi ini, akibatnya adalah spina bifida dan anemia bagi si ibu. Asam folat bisa ditemukan pada sayuran daun hijau, gandum, telur kacang dan hati. Namun diet saja tidak cukup untuk mendapatkan folat. Mengkonsumsi suplemen asam folat pada trimester pertama sangat dianjurkan.

Selama kehamilan, volume darah akan meningkat untuk itu kebutuhan akan besi juga meningkat. Zat besi akan memacu produksi hemoglobin untuk mengirimkan oksigen yang cukup bagi janin. Zat besi bisa ditemukan pada daging merah, ayam tanpa kulit, ikan, ati, kacang, tumbuhan polong, gandum dan sayur daunan hijau. Zat besi akan sangat baik diserap jika ditambah dengan konsumsi vitamin C yang bisa diperoleh dari buah-buahan segar dan sayuran.

Pembentukan tulang dan gigi yang sehat sangat bergantung pada kalsium dan vitamin D yang diasup. Janin siap untuk mengkonsumsinya, maka pola makan si ibu harus menyediakan jumlah yang cukup karena jika tidak, malah tulang si ibu yang akan menjadi rapuh! Kalsium bisa diperoleh pada susu, keju dan yoghurt. Bisa juga ditemukan di ikan seperti sarden, salmon kemasan, ikan asin dan tahu, roti serta susu kedelai.

[Read More...]


Diet Seimbang Penting Saat Hamil



KEHAMILAN merupakan salah satu peristiwa paling membahagiakan dan menantang dalam kehidupan seorang wanita. Banyak hal harus disiapkan mulai dari menghindari segala bentuk candu yang berbahaya seperti rokok, minuman, dan masih banyak lagi.

Lingkungan sekitar dan makanan yang Anda asup akan mempengaruhi tumbuh kembang bayi. Karena inilah saatnya bayi mulai bertumbuh dan berkembang. Tidak heran bila gizi dan energi ekstra sangat diperlukan untuk mendukung tuntutan metabolisme si janin juga sang ibu sendiri.

Kebutuhan energi setiap orang berbeda-beda dan pada umumnya wanita hamil dianjurkan untuk menambah konsumsi kalori hariannya hingga 300 kilo kalori. Ini sama dengan :
• 2 potong roti gandum dengan keju atau
• 200 gram yogurt dengan 45gram sereal gandum/havermut atau
• Tambahan ½ mangkuk nasi atau tambahan ½ mangkuk mie untuk makan malam atau
• 1 gelas susu skim, 1 lembar daging/ayam/ikan ukuran sedang dan 150gram yogurt

Yang jelas, amat penting bagi wanita hamil untuk melakukan diet seimbang dan sehat, yang terdiri dari semua kelompok makanan seperti susu, buah-buahan, sayuran, ikan, daging, telur, lemak dan karbohidrat. Dengan demikian, Anda akan bisa mendapatkan jumlah energi yang cukup. Gunakanlah piramida makanan sehat sebagai pedoman memilih menu makanan dan ingatlah untuk terus makan yang bervariasi.

Di bagian bawah piramida makanan sehat adalah makanan yang harus sering dikonsumsi karena rendah lemak, kaya serat dan mengenyangkan. Beberapa pilihan makanan sumber karbohidrat adalah nasi, sereal gandum, roti berserat, nasi basmati, nasi coklat, mie dan pasta.

Di bagian tengah piramid adalah makanan yang sebaiknya dimakan dengan porsi secukupnya karena banyak mengandung protein, berbagai jenis vitamin dan mineral. Beberapa pilihannya adalah daging, ikan, ayam, makanan laut, telur, tahu, buncis, kacang, kacang polong dan produk susu rendah lemak. Jangan lupa untuk menambahkan buah dan sayuran setiap harinya.

Sementara makanan yang harus dimakan sedikit saja terletak di bagian paling atas piramid. Karena makanan ini banyak mengandung gula, lemak, garam dan alkohol. Meskipun lemak baik itu penting, namun lemak sebaiknya dikonsumsi sedikit saja karena tubuh kita telah menerima asupan lemak dari pola makan di hari-hari biasa. Ada baiknya hindari menambah berat yang tidak perlu saat mengandung!

[Read More...]


Terapi Air Panas Selamatkan Mak Cit dari Tumor Payudara



BULIR air mata Siti Mariam tak mampu dibendung. Sesekali, ia mengusap matanya yang basah. Di selingi isak tangis, perempuan 42 tahun ini menceritakan kisah pilu hidupnya selama ini. Selama 17 tahun, Mak Cit, panggilan akrab Siti Mariam, ini bergulat dengan tumor payudara. Hampir putus asa, Mak Cit menahan derita tumor yang menggerogoti bagian tubuhnya itu.

Tapi untunglah, ikhtiar dan kesabaran Mak Cita mengobati tumor tersebut selama ini akhirnya membuahkan hasil. Kini, tumor itu telah hilang dari tubuhnya. "Alhamdulillah, semua ini atas kehendak Allah SWT. Doa dan ikhtiar saya selama ini akhirnya dikabulakan Allah," ujarnya, saat menceritakan kisah itu kepada reporter Bangka Pos, Kamis (29/5).

Selama 17 tahun, Mak Cit divonis menderita komplikasi tumor payudara, infeksi kelenjar dan lambung.
Keinginan kuat untuk bertahan hidup demi buah hatinya membuat Mak Cit melakukan berbagai upaya penyembuhan ke berbagai dokter dan rumah sakit.

"Saya pernah ke Palembang dengan bantuan bu Eko yang waktu itu masih menjadi ibu bupati. Tapi saya takut karena payudara harus diangkat, saya benarbenar takut. Akhirnya balik lagi ke Bangka," tuturnya. Berbagai usaha dilakukan namun penyakit tak kunjung sembuh membuat Mak Cit sempat putus asa bahkan sampai berniat mengakhiri hidupnya.

"Pernah juga minum baygon, habis penyakitnya tidak sembuh sembuh, tapi sukurnya masih bisa diselamatkan anakku," ujarnya. Kendati sakit Mak Cit masih melakukan aktivitas sehari-hari seperti mengurus mes, memasak untuk berbagai kegiatan yang di gelar pemda dan sesekali jualan nasi goreng di THR.

"Bertahun tahun lamanya saya keliling mencari obat, ape dikata orang saya makan bahkan hingga minum minyak tanah sekalipun pernah saya lakukan. Saya ingin sembuh benar, waktu itu anak-anak masih membutuhkan saya, apalagi suami juga terkena kanker paruparu. Semakin saya sakit semakin kuat keinginan untuk sembuh karena memikirkan anakanak," papar ibu lima orang anak ini dengan mata memerah.

Setelah melewati masa krisis kepercayaan diri karena tak kunjung sembuh dari penyakitnya, suatu malam di tahun 2004 Mak Cit seperti mendengar suara ghaib yang menyuruhnya untuk melakukan terapi dengan berendam di Pemandian air panas Pemali. "Saya seperti mendengar suara yang menyuruhku mandi di Pemali tapi jam lima pagi, peristiwa ini kuceritakan pada suamiku dan paginya kami langsung ke sana mandi,"ungkapnya.

Satu, dua bulan belum memperlihatkan hasil, Mak Cit tak putus asa. Usahanya ternyata berhasil, setelah satu tahun melakukan ritual mandi air panas di pemali satu minggu dua kali, tanda-tanda kesembuhan mulai dirasakan. "Setelah satu tahun penyakit mulai pada keluar, mulamula dari mulut keluar cairan seperti nanah, dan pasir-pasir lembut. Begitu juga dari payudaranya yang mengeluarkan cairan nanah," papar Mak Cit.

Bersamaan dengan itu keluhan sakit yang selama ini di deritanya sedikit demi sedikit mulai menghilang. Untuk memastikan kondisinya, Mak Cit melakukan cek up ulang dan hasilnya penyakit yang selama ini dideritanya dinyatakan telah hilang oleh dokter.

"Kini lihatlah badan Mak Cit sudah segar, kalau dulu bengkak di sini," ujar Mak Cit sambil memegang dadanya menunjukkan bagian sakit yang pernah dideritanya. Tak lupa wanita ini mengungkapkan ribuan terimakasihnya pada seluruh dokter yang pernah merawatnya, juga pada keluarga besar El John yang telah memberi kemudahan baginya untuk melakukan terapi.

Kini setelah apa yang dideritanya lewat, keinginan Mak Cit bisa melaksanakan ibadah umroh untuk mengungkapkan rasa sukur dan terimakasihnya pada yang kuasa. "Selama kita yakin, sakit itu pasti ada obatnya dan jangan pernah berputus asa bagaimanapun kondisi penyakit yang kita derita," papar Mak Cit penuh syukur.
[Read More...]


Pulsa Telepon Gratis Sembuhkan Tuberkulosa



Para peneliti percaya mereka telah menemukan obat baru untuk tuberkulosis, yaitu pulsa telepon gratis.

Selama bertahun-tahun, para dokter telah berjuang membuat para penderita tuberkulosis mau meminum obat secara kontinyu selama enam bulan berturut-turut. Saat ini sebuah penelitian oleh siswa MIT (Massachusetts Institute of Technology) telah mengembangkan penggunaan ponsel.

Caranya, pasien yang mengikuti panduan dokter akan mendapatkan pulsa gratis. Pasien menguji air seni mereka menggunakan strip yang dirancang untuk menampilkan kode numerik jika mendeteksi obat tuberkulosis. Pasien tersebut kemudian dapat meng-SMS kode yang muncul untuk mendapatkan insentif, seperti pulsa gratis selama beberapa menit.

Dengan cara ini, pasien didorong untuk rajin secara kontinyu meminum obat mereka dan menguji air seni untuk membuktikan bahwa mereka meminum obat-obat tersebut. Sementara, dokter dapat dengan mudah mendapatkan laporan bahwa pasien mereka telah meminum obat-obatnya, karena dengan mengirim SMS si pasien juga sekaligus telah melaporkan bahwa mereka telah meminum obat.
[Read More...]


Berteriaklah dan Stres pun Lenyap!



STRES hampir tak lagi bisa dipisahkan dengan gaya kehidupan moderen yang penuh dengan tuntutan dan situasi ketegangan yang mengikutinya. Setiap lini kehidupan manusia modern selalu dilumuri berbagai tekanan yang membuat diri menjadi penat dan tidak nyaman.

John. W. Santrock, seorang pakar psikologi perkembangan mendefiniskan stres sebagai respon individu terhadap lingkungan dan kejadian, atau lebih dikenal dengan stresor, yang kita anggap mengancam, menegangkan dan membutuhkan kemampuan kita untuk mengatasinya. Mulai dari persoalan kenaikan BBM, melambungnya harga kebutuhan sehari-hari, target kerja yang tidak terpenuhi sampai dengan peliknya relasi dengan keluarga atau teman kerja adalah contohnya. Secara substansial stres merupakan kondisi eksternal yang menegangkan, tidak diharapkan oleh seseorang, dan cenderung membuat diri tidak nyaman.

Tidak ada ambang yang objektif untuk menentukan situasi sebagai stresor, namun secara subjektif stres yang dialami seseorang dapat memicu serangkaian dampak negatif. Crowley Jack, Phd, psikolog dari Western Washington University, menjelaskan bahwa secara psikologis, stres dapat memicu terjadinya kecemasan, hilangnya gairah hidup, depresi, bahkan agresivitas yang meningkat. Sedangkan secara fisik stres dapat mengakibatkan instabilitas tensi, gangguan pencernaan, penurunan imunitas, serta percepatan penuaan, bahkan kanker.

Berbagai teknik telah dikembangkan untuk mengelola stres supaya efek buruknya tidak merebak menjadi hal yang negatif. Mulai dari teknik-teknik spiritual-kultural ; meditasi, terapi aroma, olah pernafasan sampai dengan teknik psikologi moderen ;konseling, refreshing tecnique, manipulasi kognitif ataupun metode transformasi paradigma.

Kemunculan pendekatan tersebut dapat kita lihat dalam berbagai tawaran healing program, pelatihan pengembangan kepribadian ataupun berbagai program konseling yang ditawarkan banyak biro psikologi. Pun tidak bisa dinafikkan bahwa kebanyakan teknik reduksi stres yang sekarang ini berkembang tidak mampu diakses oleh semua kalangan, karena berbagai keterbatasan, juga barangkali kerena eksklusivitas lembaga penyedia jasa.

Nah, sebenarnya ada metode reduksi stres lain yang natural dan pasti aksestebel bagi semua, yaitu berteriak (shout a loud). Secara alami, setiap pribadi pasti pernah melakukannnya dengan berbagai cara saat mengalami ketegangan. Dr.Vincent Tuason, direktur bagian psikiatri St. Paul Ramseu Medical Centre Minesota, menjelaskan bahwa berteriak merupakan sebuah mekanisme pengurangan ketegangan dan ketidaknyamanan yang bersifat alami.
Saat kita tertekan dan dalam kondisi tidak tertahankan, biasanya kita menjadi lebih stabil sehabis berteriak. Teriakan adalah sebuah pelepasan ketegangan (chatarsis). Sementara Prof. Jeffrey Lohr, dari J William Fulbright College of Arts and Sciences, menjelaskan bahwa berteriak memberikan sensasi pengendoran otot yang tegang karena kondisi stres.

Beberapa bukti kultural tentang kebiasaan berteriak sebagai sebuah mekanisme penenangan diri telah dilakukan oleh berbagai bangsa sebelum abad ini. Adalah penduduk yang tinggal di kepulauan Solomon Pasifik Selatan yang menjadikan kebiasaan berteriak sebagai tradisi kultural saat mereka frustrasi dan menemui kesulitan.

Saat mereka mengalami ketegangan, memanjat pohon dan berteriak sekeras-kerasnya dipercaya dapat memberikan pencerahan batin yang menuntun pada kreativitas. Bangsa Persia pertengahan biasa melantunkan doa-doa dengan suara yang keras untuk mencapai ketenangan diri dan ekstase transenden.

Tentu saja, di lingkungan zaman moderen seperti sekarang, kita tidak bisa berteriak sesuka hati karena di sekitar kita telah padat dengan kehadiran orang lain. Berteriak secara primitif justru akan menimbulkan ketegangan baru dengan orang lain yang merasa terganggu, dan stres pun justru akan meningkat.

Berteriak saat stress perlu dilakukan dengan tepat dan pada tempat yang benar. Anand Krishna, seorang praktisi penyembuhan holistik dalam Buku Atma Bodha menjelaskan bahwa kita bisa berteriak melepas ketegangan dengan duduk beralas di tempat tempat nyaman seperti pantai, gunung, dan tempat nyaman lainnya. Di tempat-tempat itu kita bisa berteriak bebas. Barangkali ini adalah sebuah saran untuk berteriak yang sesuai dengan kondisi kita saat ini.

Ketegangan, tekanan, tuntutan di lingkungan kita yang mengganggu kenyamanan diri barangkali adalah sebuah keniscayaan modernitas, namun berbahagialah mereka yang masih bisa berteriak dengan tulus hati.
[Read More...]


Stop Rokok dengan Terapi SEFT



DALAM 5 x 25 menit, kecanduan merokok bisa hilang dengan melakukan terapi SEFT (Spiritual, Emotional, Freedom, Technique). Terapi yang dilakukan dengan mengetuk ringan dengan 2 ujung jari atau yang disebut tapping di bagian tubuh tertentu, sehingga bisa kita lakukan sendiri.

Awalnya, pecandu diminta untuk mencium bau rokok yang biasa dihisapnya, ini adalah langkah awal yang disebut dengan the set-up yang bertujuan untuk memastikan agar aliran energi tubuh kita terarahkan dengan tepat. langkah ini dilakukan untuk menetralisir pikiran negatif yang spontan dari mencium bau rokok itu, yang pasti para perokok masih ingin menghisapnya. Setelah itu terapis akan menekan dada kita, tepatnya di sekitar dada atas.

Kemudian, terapis akan akan melakukan tapping di titik-titik tubuh yang merupakan titik aliran energi kita, yang jika diketuk beberapa kali akan berdampak pada ternetralisirnya gangguan emosi atau rasa sakit yang kita rasakan. Titik-titik tersebut adalah bagian atas kepala, titik permulaan alis mata, diatas tulan di samping mata, 2 cm di bawah kelopak mata, tepat di bawah hidung, diantara dagu dan bagian bawah bibir, di ujung tempat bertemunya ulang dada, di bawah ketiak, di perbatasan antara tulang dada dan bagian bawah payudara, dan di bagian dalam tangan yang berbatasan dengan telapak tangan.

Setelah tapping selesai, perokok diminta untuk mencium bau rokok kembali, lalu menghisapnya. Alhasil, mereka mengatakan Pusing, pahit, getir dan tidak mau mengisap lagi.

Seperti yang dilakukan para terapis SEFT dalam acara Stop Rokok Buat Hidupmu di Aula Wisma Menpora, Sabtu (31/5). Mereka melakukan terapi untuk menghentikan kebiasaan dan kecanduan merokok para siswa SMP-SMA yang sudah menjadi perokok.

"Baru tadi pagi saya terakhir merokok, setelah diterapi seperti ini, kok tiba-tiba rokok yang tiap hari saya hisap rasanya aneh, pahit dan getir, baunya juga tidak enak. "Semoga ini bertahan lama, saya niat tidak mau merokok lagi," ujar Yanto (20), yang bera sal dari Bogor salah satu perokok yang mengikuti terapi tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, penemu metode SEFT Ahmad Faiz Zainuddin mengungkapkan bahwa SEFT tidak hanya mampu menghilangkan kecanduan merokok, tapi bisa juga menghilangkan stres, phobia, alergi, trauma, dan lain-lain."SEFT sangat universal dan sangat mudah dilakukan," ujar Faiz.
[Read More...]


Ditotok Sampai Merasa Rokok Pahit



SEKITAR 1.500 siswa SMP dan SMA se-Jabodetabek mengikuti terapi untuk menghentikan kebiasaan dan kecanduan merokok di Aula Wisma Menpora dalam acara Stop Rokok Buat Hidupmu, Sabtu (31/5).

"Saya kepingin benar-benar berhenti merokok. Di samping sering dimarahi guru dan orangtua, saya juga sering batuk-batuk sekarang," ujar Aspay (15), siswa SMP Duren Baru.

Acara ini digelar dengan bimbingan para terapis dari Spiritual Emotional Freedom Technique yang berjumlah 120 orang. Dalam terapi itu, para siswa diminta mencium bau rokok. Lalu ketika ditanya apakah masih mau merokok dan mereka menjawab masih mau, kemudian keningnya ditotok. Penotokan dilanjukan ke bawah mata, dada kiri-kanan.

Setelah itu mereka diminta mencium baru rokok lagi. "Sudah sedikit kepingin," jawab seorang siswa ketika diminta mengatakan perasaannya. Penotokan pun dilakukan dengan gerakan lebih cepat. Kemudian diulang lagi dari awal sampai mereka mengaku pusing setelah mencium rokok. Selanjutnya rokok disulut dan mereka disuruh mengisap. "Pahit...," kata mereka.

Badan Amil Zakat Nasional Sebagai penyelenggara mendapat rekor dari Muri sebagai rekor terapi menghentikan merokok dengan peserta terbanyak. Sertifikat diterima langsung oleh Ketua Baznas Didin Hafidudin. "Saya akan menyampaikan sertifikat ini ke MUI supaya para ulama dan ustadz berhenti merokok," kata Didin.
[Read More...]


Disetrum Agar Sehat



keselamatan dan efisiensi dari sesuatu yang sederhana bagi kesehatannya dalam bentuk terapi komplementer dan alternatif. Terapi ini telah berkembang pesat di dunia, termasuk di Indonesia.

Salah satu terapi yang digunakan adalah alat beda potensial listrik pada manusia sebagai mahluk bioelektromagnetik. Terapi ini telah banyak digunakan di Jepang sebagai upaya pencegahan terjadinya gangguan sirkulasi daerah dan membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan di antaranya sakit kepala dan insomnia.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Laboratorium Biofisika atau Pengobatan Tradisional (Batra) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Airlangga, sebagaimana dipaparkan Guru Besar F-MIPA Universitas Airlangga, Prof. Dr. Ir. Suhariningsih dalam jumpa pers, Senin (26/5), di Jakarta, alat ini secara kualitatif memancarkan ion negatif yang mengakibatkan perubahan komposisi udara di atas permukaan matras.

Melalui uji pancaran infra merah dan pancaran ion negatif dengan menggunakan alat metrologic photometer serta digital capacitance pada sejumlah titik pengamatan berdasarkan konstruksi atau jahitan matras. Ion negatif merupakan energi kehidupan dan punya kemampuan membersihkan darah. Ion ini memiliki banyak manfaat antara lain, menurunkan level serotonin (sejenis hormon saraf yang bersifat depresan dan menimbulkan penyempitan pembuluh darah) dalam darah.

Sejumlah manfaat lain adalah, menetralkan superoksida (zat yang berfungsi untuk membunuh mikroorganisme dalam tubuh), mensterilisasi virus dan bakteri dalam tubuh, mengurangi penyakit pernapasan, melebarkan saluran pernapasan, men jaga peredaran darah normal. Selain itu, ion negatif dapat mengoptimalkan kemampuan sel menyerap dan memanfaatkan oksigen serta mengaktifkan pembaharuan sel dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Penelitian itu juga bertujuan mengetahui efek akut dan kronis pengobatan alat terapi beda potensial listrik berfrekuensi tinggi (30.000 hertz) yang menghasilkan ion negatif dan sinar infra merah gelombang jauh melalui teknologi tourmaline dan lonwave yang terkandung di dalamnya, serta teknologi saniter pada kain dan polyuretan wave pada busanya. Penelitian ini berhasil membuktikan terjadi perbaikan kadar glukosa darah, perbaikan aliran darah , serta komposisi darah dan profil lipid darah pada 30 penderita hipertensi dan diabetes mellitus yang jadi objek penelitian.

Ketua Umum Perhimpunan Kedokteran Komplementer-Alternatif Indonesia (PKKAI) berharap makin banyak perusahaan medik atau peralatan kesehatan yang dapat bekerja sama secara berkesinambungan. Hal ini disertai pengawasan terhadap praktik dan perkembangan CAM di Indonesia dapat dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1109 Tahun 2007 tentang praktik pengobatan komplementer dan alternatif dalam pelayanan kesehatan formal.
[Read More...]


Olah Fisik Pemacu Gairah Seks



OLAHRAGA membuat Anda lebih sehat dan bugar. Penelitian menunjukkan, olahraga dengan takaran cukup, yakni sampai tersengal-sengal, akan membuat pernapasan kita di kamar tidur pun menjadi hebat. Olahraga memperbaiki dan meningkatkan energi, juga membuat Anda lebih percaya diri. Selain itu, latihan teratur dengan takaran cukup membuat alat kelamin berfungsi lebih baik.

Penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Boston, Amerika Serikat, menyatakan bahwa mereka yang tidak melakukan olahraga dapat mengalami disfungsi ereksi. Berdasarkan penelitian Cindy Meston, Ph.D, kehidupan seksual wanita lebih responsif setelah melakukan latihan cukup keras selama 20 menit.

Pada dasarnya, latihan olahraga dapat meningkatkan aktivitas saraf simpatik. Akibatnya, aliran darah ke kemaluan meningkat. Menurut ahli terapi seks, Laura Berman, Ph.D, beberapa aktivitas fisik dapat memberikan suasana hati yang menunjukkan cinta kasih, misalnya salsa yang semua gerakannya berpegangan pada pasangan.

Jenis aktivitas lain yang juga membantu kita meningkatkan stamina antara lain pilates, tari perut, yoga, tenis, dan masih banyak lagi yang lain. Gerakan-gerakan dalam pilates meningkatkan aliran darah ke daerah pinggul, tari perut mengendurkan otot pinggang dan pinggul, yoga bisa meningkatkan kelenturan, tenis berpasangan mengurangi terjadinya persaingan. Selain untuk meningkatkan rasa percaya diri, semua itu merupakan afrodisiak yang cukup kuat sebagai latihan kekuatan untuk membentuk dan meregangkan otot-otot yang digunakan saat melakukan hubungan seksual.
[Read More...]


Spa Vagina: Dicuci, Dipijat, Lalu Diasapi



TERAPI V-spa butuh waktu kurang lebih 2-3 jam. Tidak hanya organ intim yang dimanja, melainkan hampir seluruh tubuh. Bagaimanakah urutan terapi ini? Mari kita perhatikan!
1. Konsultasi
Setiap perawatan dan pemeliharaan kesehatan tentu butuh analisis lebih dahulu. Konsultasi awal dengan ahli penting dijalankan untuk mengetahui secara umum kondisi si wanita. Salah satunya untuk melihat apakah ada penyakit tertentu yang terkait dengan organ intim. Pada tahap ini segala masalah dan keinginan peserta terapi bisa disampaikan. Lalu terapis akan memberikan pengarahan tentang teknis perawatan dan manfaatnya.
2. Vulva Hygiene
Sebelum terapi dijalankan, kebersihan bagian intim menjadi fokus yang pertama. Perawatan dimulai dengan membersihkan vulva vagina dari kotoran dengan air hangat yang mengandung herbal wash dan minyak aromatik.
3. V-Scrubing
Selanjutnya daerah sekitar organ intim seperti lipatan paha, area perut, dan pantat serta daerah yang kulitnya cenderung lebih gelap seperti daerah ketiak dan payudara, digosok dengan scrub berbahan rempah semisal cendana, akar wangi, dan mawar. Scrub ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan dan menghaluskan kulit.
4. Pijat bioenergi
Biar tubuh rileks, peredaran darah lancar, stamina tubuh dan vagina meningkat, perawatan dilanjutkan dengan pijat terapi aroma. Pemijatan dengan teknik bioenergi ini dilakukan pada seluruh tubuh, terutama otot-otot dasar panggul.
5. Guci Bathing
Selesai pijat, dilanjutkan berendam dalam guci besar berisi air hangat yang ditetesi minyak esensial. Sambil berendam, peserta terapi dibimbing untuk melakukan meditasi gerak.
Gerakan-gerakan itu berupa kontraksi untuk mengencangkan otot dasar panggul, pinggang, paha dalam, paha luar, lutut, kaki, dan otot vagina. Langkah-langkah ini dilakukan dengan mengatur napas sambil merasakan benar-benar kenyamanan di seluruh tubuh. Dalam hal ini konsentrasi, olah rasa, dan napas berjalan seiring.
6. V-Steam (penguapan)
Untuk merilekskan, melancarkan aliran darah di sekitar vagina, dan meluruhkan lendir berlebih pada vagina, dilakukan steam vagina. V-Steam dijalani dalam posisi duduk dan kaki terbuka tebar. Lalu daerah sekitar organ intim diberi uap hangat (steam) yang berasal dari ramuan herbal dan minyak esensial.
7. V-Compress
Untuk melengkapinya, dalam keadaan hangat, ramuan herbal yang telah dikemas seperti tea-bag, dikompreskan pada vagina dan sekitarnya. Fungsinya sebagai tonik atau penguat untuk meningkatkan stamina vagina, antiinfeksi, serta mengurangi peradangan atau nyeri, jika ada.
8. V-fogging (pengasapan)
Pengasapan dilakukan dengan membakar rempah dari akar hitam, akar wangi, dan cendana yang dipanaskan dalam vaporizer. Langkah ini bermanfaat meningkatkan stamina vagina, sebagai antiseptik dan menjaga kelembaban vagina.
9. Perawatan dari dalam
Sebagai perawatan dari dalam, disediakan dua macam ramuan alami yang berfungsi untuk meningkatkan stamina, bersifat antiseptik, dan menghangatkan tubuh. Bisa dipilih ramuan Indonesia, misalnya kunyit dan temulawak, atau ramuan Cina.
[Read More...]


Janji Yoga Melangsingkan Badan



MUNGKIN Anda termasuk satu di antara banyak orang yang merasa frustrasi karena kesulitan menurunkan berat badan. Itu tak mengherankan. Pasalnya, kenaikan berat badan adalah masalah yang begitu kompleks. Ada pengaruh faktor genetik, gaya hidup, pola makan, dan lain-lain.

Manfaat latihan yoga yang langsung dirasakan secara fisik adalah mengendurnya otot-otot yang kaku gara-gara kurang gerak, ketegangan, dan stres. Gerakan-gerakan yoga juga meningkatkan jangkauan pergerakan persendian, meningkatkan fleksibilitas, dan membantu mengoreksi postur tubuh yang keliru gara-gara kenaikan berat badan.

Latihan yoga membantu menguatkan dan memperpanjang otot, sehingga tubuh jadi lebih langsing dan berbentuk indah setelah berlatih. Namun, tubuh yang berbentuk ini tak selalu diikuti dengan penurunan berat badan. Ingat, otot lebih padat dan lebih berat dibandingkan dengan volume jaringan lemak.

Potensial Membakar Kalori
Dalam yoga ada juga latihan pranayama. Latihan pernapasan ini membuat energi vital atau prana dalam tubuh bergerak. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah ketika Anda mengalami kenaikan berat badan, tetapi malah loyo karena tingkat energi tubuh menurun.

Manfaat lain yoga adalah dalam aspek psikologi. Kenaikan berat badan kerap menjadikan diri memberi komentar negatif. Lewat yoga kita mencoba mencegah hal ini dengan menciptakan lingkungan yang aman dan positif untuk menyambungkan kembali tubuh dan menghilangkan pesan-pesan negatif yang sering muncul di pikiran.

Latihan asana juga dapat memupuk kontrol terhadap diri sendiri yang baru. Ini adalah kualitas yang sering hilang ketika berat badan membumbung. Di tingkat fisiologis, yoga aliran-aliran tertentu mungkin pas untuk orang yang benar-benar menginginkan penurunan berat badan. Kelas Vinyasa yang memadukan gerakan dan pernapasan bersamaan dapat menciptakan panas dan akhirnya potensial menyebabkan banyak pembakaran kalori untuk penurunan berat badan.

Buat Anda yang mungkin tak pernah berolahraga, ada baiknya mencoba kelas yoga Vinyasa untuk pemula. Jangan langsung mengambil kelas yang sudah menengah, apalagi yoga Asthanga. Mungkin ini bukan aliran yang tepat buat Anda yang secara fisik tidak aktif sebelumnya.

Nafsu Makan Terkontrol
Yoga memang tidak memberikan janji muluk dalam penurunan berat badan secara cepat. Yoga hanya menjanjikan dua manfaat utama untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Pertama, yoga memperbaiki pencernaan dan menghilangkan sembelit, retensi air, dan perut kembung. Kedua, yoga memperbaiki sirkulasi darah menuju ke kelenjar-kelenjar endokrin utama, yaitu tiroid dan pankreas.

Kedua kelenjar inilah yang membantu mengontrol nafsu makan, suasana hati, pola tidur, serta istirahat.
Belum banyak ahli yang menerima bahwa latihan yoga adalah jalan pasti menuju penurunan berat badan. Namun, penelitian terbaru dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle AS mulai membuka wawasan bahwa yoga juga bermanfaat untuk melangsingkan.

Para peneliti di lembaga itu menanyai pria dan wanita sehat mengenai riwayat bobot tubuh dan aktivitas fisik mereka dari usia 45 hingga 55 tahun. Diungkapkan bahwa subjek yang mengalami kelebihan berat badan dan berlatih yoga paling tidak seminggu sekali mengalami penurunan bobot 2,5 kilogram selama lebih dari 10 tahun.

Orang berberat badan normal yang rajin latihan yoga dilaporkan tidak naik beratnya, sedangkan mereka yang tak latihan naik terus. Sementara mereka yang kelebihan bobot dan tak pernah latihan yoga, berat badannya naik empat kilogram.

Kesadaran Pikiran
Alan Kristal, peneliti utama sekaligus praktisi yoga dalam penelitian itu yakin, penyebab penurunan berat badan setelah latihan yoga bukan karena jumlah kalori yang dibakar. Hanya latihan yoga aliran tertentu yang membakar banyak kalori untuk memicu penurunan berat badan.

“Yoga itu membangun kesadaran pikiran,” kata Kristal, yang juga profesor di bidang epidemiologi di University of Washington School of Public Health. “Anda akan belajar kapan merasa kenyang, dan Anda tak suka makan kebanyakan. Selain itu, Anda akan mengenali kecemasan dan stres, sehingga tak ingin menutupinya dengan makan,” tambahnya.

Jadi, apakah yoga akan melangsingkan tubuh kita? Hmmm… mungkin. Lalu, akankah yoga mengubah cara pandang Anda terhadap diri dan tubuh sendiri? Tentu saja.
[Read More...]


AIKIDO, Olah Rasa, Kembangkan Cinta



SAMBIL berdiri, seorang murid memegang kepala gurunya yang sedang duduk bersimpuh. Saat sang guru mendongakkan kepalanya, tiba-tiba sang murid menjerit menahan sakit. Pegangan pun terlepas. Lalu, sang murid mundur.

Sekali lagi, saat maju menyerang belum sampai menyentuh sang guru, si murid kesakitan dan mengerang. Sang guru saat itu masih dalam posisi duduk bersimpuh, tanpa gerakan sedikit pun, hanya menggoyangkan kepalanya saja.

Berkali-kali, tanpa menyentuh, hanya dengan menggerakkan kepalanya, sang guru membuat si murid kesakitan. “Ini bukan tenaga dalam atau sesuatu yang gaib. Ini hanya efek dari konsentrasi dan koneksi antara yang diserang dan penyerang. Rasa atau feeling kita harus dilatih dan dikembangkan,” kata Sensei Imanul Hakim.

Tanpa Bentuk
Cerita sederhana ini merupakan gambaran dari sebuah ilmu bela diri Jepang yang dikenal begitu spiritual, yaitu aikido. Didirikan oleh O-Sensei (Guru Besar) Morihei Ueshiba, awalnya bentuk lama yang disebut Daito-ryu Aiki-Jutsu memang digunakan untuk bertarung (combat).

Karena itu, bentuk lama ini tampak begitu agresif dan keras karena memang dimanfaatkan untuk keperluan menaklukkan musuh. Namun, dalam perkembangannya, sejalan dengan meningkatnya kehidupan spiritualitas, O-Sensei menciptakan gerakan aikido yang sifatnya lebih lembut dan tidak mengandung unsur kekerasan.

Sifat inilah yang menandakan bahwa aikido bukanlah ilmu bela diri biasa. Aikido terdiri dari tiga kata. Ai artinya keselarasan (harmoni) atau kasih sayang, ki berarti jiwa/semangat, sedangkan do adalah cara/jalan.

Jadi, aikido adalah suatu cara atau jalan untuk mencapai keselarasan antara gerakan tubuh dengan jiwa. “Dalam tingkatan lebih tinggi, aikido merupakan upaya kita untuk mecapai keselarasan dengan alam, energi universal,” tutur pemegang Dan 4 ini.

Meski ada banyak gerakan yang ditunjukkan saat berlatih, entah itu kuncian atau melempar, pada dasarnya gerakan aikido ini tidak bersifat mencelakai. “Setiap gerakan sifatnya menunggu reaksi dari lawan,” ujar Hakim.

Karena itu, aikidoka harus peka, sensitif. Lewat latihan terus-menerus, rasa perasaan, insting, terhadap segala sesuatu akan berkembang. Jadi, mengolah rasa menjadi hal penting dalam hal ini.
Saat diserang lawan pun, aikidoka (sebutan bagi orang yang berlatih aikido) hanya akan melakukan gerakan memutar atau berbentuk spiral. “Gerakan memutar ini seperti tarian Sufi,” tutur Hakim, yang pernah mendalami langsung aikido dari para Sensei di Jepang.

Kesadaran Paling Utama
Karena tidak diajarkan untuk menyerang, menurut Sensei Hakim, seorang aikidoka mesti mengembangkan satu hal yang disebut kesadaran atau consciousness. Seluruh tubuh, jiwa, dan pikiran harus berada dalam keadaan menyatu. “Kesadaran bahwa kita hidup pada saat ini dan di sini menjadi utama dengan begitu, para aikidoka selalu bisa waspada dan siaga,” katanya.

Sikap siaga ini lebih dari sekadar waspada, melainkan merupakan di posisi eling (Jawa = kesadaran penuh). Hidup kita tidak terjerat oleh kenangan masa lalu juga kekhawatiran akan masa depan. Semangat untuk surrender, pasrah kepada Penyelenggara Hidup, menjadi kekuatan.

Tanpa adanya kemampuan ini, aikidoka tidak akan mampu mengalahkan lawan tanpa gerakan mematikan atau menyakiti. Tanpa adanya keharmonisan jiwa, tubuh, dan pikiran, aikidoka hanya akan belajar bela diri tak ubahnya seperti judo, karate, atau yang lainnya. Keinginan untuk menyerang dan mengalahkan hingga lawan tidak berkutik akan muncul dan menjadi hal penting.

Dalam aikido, mengalahkan lawan bukanlah tujuan. Jiwa dan hati murni yang dipenuhi dengan cinta kasih menjadi dasar dan tujuan dari semua latihan ini. “Memang, tidak banyak aikidoka yang sampai pada pemahaman dan penghayatan seperti ini,” ungkap Hakim.

Tidak heran, ada banyak versi aikido yang bisa dipelajari yang lebih menekankan soal bela dirinya. “Tidak mudah untuk sampai pada tahap ini. Seseorang harus melepaskan egonya, keinginannya untuk menang, juga menguasai orang lain atau lawan,” tambahnya. Menarik ‘kan belajar aikido?
[Read More...]


Lulur, dari Kopi Sampai Lumpur Laut Mati



MERAWAT kebugaran dan kecantikan tubuh kini telah menjadi bagian dari gaya hidup (lifestyle) masyarakat modern. Di kota-kota besar, klinik-klinik perawatan tubuh dan spa banyak bermunculan. Tak hanya kaum hawa yang berminat, tetapi juga para pria.

Meski memiliki kelebihan tersendiri, perawatan tubuh di klinik atau spa sebenarnya bukan sesuatu yang mutlak. Karena spa dapat dilakukan di rumah. Di rumah, kita bisa melakukan hal sederhana, namun untuk menyempunakannya, klinik dan spa dapat diandalkan.

Namun begitu, memilih jenis perawatan tubuh tentu perlu teliti dan bijaksana, karena akan mempengaruhi efektivitasnya. Selain itu, perlu diperhatikan efek samping yang mungkin timbul akibat perawatan yang tidak tepat.

Demi keamanan dan kenyamanan, tak heran bila banyak klinik atau spa menawarkan program perawatan tubuh dengan menggunakan ramuan-ramuan natural mulai dari bahan rempah, herbal hingga lumpur sekalipun. Bahan-bahan ini ini biasanya dikombinasikan dalam paket perawatan tubuh mulai dari aromaterapi, facial, scrubbing (luluran), body wrap hingga berendam di kolam.

¨Bahan-bahan ini biasanya banyak digunakan untuk luluran dengan tujuan menghancurkan toksin di bawah kulit, memperlancar sirkulasi darah serta mengaktifkan kembali metabolisme tubuh. Untuk memaksimalkannya luluran biasanya dikombinasi dengan pijat atau massage,¨ ungkap salah seorang terapis dari Air Cantee Spa, Jakarta.

Lumpur laut
Salah satu perawatan yang terbilang sangat istimewa adalah menggunakan media lumpur sebagai bahan lulur. Lumpur yang diambil dari Laut Mati ini dipercaya efektif sebagai langkah awal program pelangsingan tubuh.

¨Lumpur yang diimpor ini kaya akan mineral yang berasal dari tumbuh-tumbuhan laut. Lumpur ini bisa diaplikasikan pada semua jenis kulit, termasuk bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, karena sangat aman tanpa bahan pengawet yang dapat menimbulkan iritasi. Dipadu dengan teknik-teknik pijatan yang akan membuat rileks dan bahan-bahan scubbing yang mengandung ramuan herbal mampu mengangkat sel kulit mati, sehingga menjadikan kulit lebih sehat dan halus,¨ terangnya.

Ramuan lain yang banyak digunakan untuk bahan luluran ini di antaranya campuran beragam rempah seperti jahe, cengkeh dan kayu manis. Selain itu, ada pula lulur menggunakan kopi, cokelat, teh hijau atau campuran herbal.

¨Rempah dan teh hijau biasanya dicampur dengan tepung beras sebelum digunakan sebagai lulur, sedangkan kopi dicampur dengan adas (semacam jinten),¨ terang sang terapis.

Manfaat masing-masing media lulur ini beragam. Kopi misalnya diyakini dapat digunakan untuk pembuangan racun (detoksifikasi), sedangkan teh hijau berfungsi sebagai antioksidan. Sedangkan rempah bisa memberi banyak manfaat mulai dari menghangatkan hingga memperbaiki metabolisme tubuh,¨ paparnya.

Untuk memaksimalkan setiap program perawatan melalui pijat dan lulur ini, para terapis di Spa ini juga menggunakan semacam metode penyembuhan dengan transfer energi yang disebut Pohon Hayyu. ¨Ini semacam transfer energi positif dari para terapis supaya klien rileks. Terapis fokus pada energi supaya pemijatan tepat pada titik sasaran sehingga memberi efek penyembuhan, ¨ tandasnya.
[Read More...]


Minyak Esensial Seimbangkan Pikiran



MINYAK esensial lazim digunakan sebagai terapi aroma. Ada banyak cara untuk menikmati khasiatnya. Selain lewat pemijatan atau sekadar pengharum ruangan, juga bisa dengan dipakai berendam, sebagai kompres, semprot, dan sebagainya.

Dalam buku The Encyclopedia of Complementary Medicine, The Complete Family Guide to Alternative Health Care disebutkan bahwa minyak esensial merupakan zat serbaguna. Molekul yang dilepaskan ke udara adalah sebagai uap air. Ketika uap air yang mengandung komponen kimia tersebut dihirup, akan diserap tubuh melalui hidung dan paru-paru yang kemudian masuk ke aliran darah.

Bersamaan saat dihirup itu, uap air akan berjalan dengan segera ke sistem limbik otak yang bertanggung jawab dalam sistem integrasi dan ekspresi perasaan, belajar, ingatan, emosi, serta rangsangan fisik. Kala digunakan sebagai aplikasi di luar tubuh, minyak esensial bermanfaat dalam menyeimbangkan kondisi kulit, seperti juga otot dan organ bagian dalam.

Yang perlu diingat, minyak esensial tidak bersifat menyembuhkan seperti layaknya obat-obat kedokteran, tetapi dapat merangsang proses penyembuhan alami tubuh, menaikkan keseimbangan dan keselarasan dari energi yang tak kentara pada pikiran dan tubuh. Terapi aroma menawarkan hasil terbaik bila digunakan secara konsisten dan disertai dengan gaya hidup sehat secara menyeluruh.

Campur Pelarut
Minyak esensial biasanya dilarutkan dengan zat pelarut seperti minyak sayur, lotion, atau yang lainnya. Untuk memijat, minyak esensial sebaiknya dicampur dengan minyak pelarut berkualitas tinggi. Banyak minyak yang cocok digunakan sebagai minyak pelarut.

Minyak almond berperan sebagai minyak pelarut yang ideal karena ringan, tidak berbau, dan baik. Saat diaplikasikan pada kulit, minyak akan diserap dan dibawa ke jaringan otot, sendi, dan organ tubuh lainnya.

Minyak esensial adalah konsentrat yang umumnya merupakan hasil penyulingan dari bunga, buah, semak-semak, dan pohon. Sayangnya, untuk mendapat sedikit minyak esensial diperlukan bahan yang cukup banyak.

Denis Rowley dalam buku Aromatherapy, Recipes and Remedies to Enhance Your Life menyebutkan bahwa diperlukan 60 ribu daun bunga mawar agar memperoleh 30 ml minyak bunga mawar. Lalu, untuk menghasilkan 3 kg minyak lavender diperlukan 100 kg lavender!

Minyak esensial sangat efektif dan bermanfaat saat dihirup atau digunakan pada bagian luar. Indra penciuman berhubungan dekat dengan emosi manusia. Saat aroma dari minyak esensial dihirup, tubuh akan memberikan respon psikologis.

Penggunaan minyak esensial tidak boleh terlalu banyak. Dosis yang terlalu besar dari minyak esensial bisa bersifat racun. Untuk itu, dosisnya harus sesuai dengan panduan. Contohnya, bila pada resep diminta hanya tiga tetes minyak esensial, jangan berpikiran kalau ditambahkan hingga enam tetes akan mendapat manfaat dua kali lipatnya.

Perlu diingat bahwa minyak esensial yang digunakan mesti 100 persen asli, bukan aroma wangi-wangian atau esens. Beli minyak esensial dari produsen maupun merek yang terpercaya. Jangan takut bertanya bila ingin memastikan minyak yang diinginkan.

Untuk Keperluan Sehari-hari
Penggunaan minyak esensial tak selalu untuk pemijatan atau merendam tubuh. Ada beberapa cara menggunakan minyak esensial yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti yang disebutkan Denis Rowley dalam buku Aromatherapy, Recipes and Remedies to Enhance Your Life.

Bathtub. Isi bathtub dengan air hangat. Tambahkan 4-6 tetes minyak esensial dan aduk-aduk guna melarutkan minyak tersebut. Rendam tubuh sedikitnya selama 10 menit.

Rendam kaki. Tambahkan 4-6 tetes minyak esensial dalam mangkuk besar berisi air hangat. Masukkan kaki dalam air tersebut selama 15 menit.

Mandi dengan pancuran. Tempatkan 4 tetes minyak esensial pada gelas kosong berukuran 100 ml. Saat berada di bawah air pancuran, isi botol dengan air hangat dan gosok campuran tersebut pada kulit. Pilihan lain, tambahkan 4 tetes minyak esensial pada spons dan gosok di kulit saat berada di bawah air pancuran.

Kompres. Tambahkan 3-6 tetes minyak esensial pada setengah liter air. Masukkan handuk kecil pada air tersebut dan peras. Lalu, letakkan handuk tersebut pada wilayah yang diinginkan. Bisa juga untuk mengompres wajah dengan menambahkan 2 tetes minyak esensial pada satu mangkuk air hangat. Masukkan kain atau handuk kecil pada air larutan dan peras. Letakkan pada wajah selama beberapa menit. Ulangi cara tersebut selama tiga kali.

Hirup. Isi sebuah mangkuk dengan air hangat. Tambahkan 3-6 tetes minyak esensial. Dengan posisi kepala berada di atas mangkuk, tutup kepala dengan handuk. Secara perlahan, hirup aroma yang keluar dari mangkuk tersebut.

Pijat. Campur minyak esensial yang telah dipilih dengan minyak pembawa. Campuran yang biasa adalah 5 tetes minyak esensial untuk setiap 10 ml minyak pembawa.

Parfum. Campur 2-3 tetes minyak esensial yang berbeda dengan minyak jojoba untuk menciptakan parfum buatan sendiri.

Lilin. Nyalakan lilin dan tunggu hingga mulai meleleh. Tambahkan 1-2 tetes minyak esensial pada lilin hangat. Karena mudah terbakar, sebaiknya jangan sampai terkena api.

Lampu neon. Teteskan 1-2 minyak esensial pada lampu neon sebelum dinyalakan. Karena mudah terbakar, jangan meneteskan minyak esensial saat lampu sudah menyala.

Sapu tangan. Cipratkan satu tetes minyak esensial pada tisu atau sapu tangan. Hirup kala diperlukan.

Spray. Isi botol spray kosong yang bersih dengan air dari sumber mata air. Tambahkan 3-4 tetes minyak esensial. Semprotkan campuran tersebut untuk mengharumkan ruangan, memelihara kesegaran wajah dan tubuh.

Pembakar terapi. Gunakan alat pembakar terapi untuk terapi aroma. Isi mangkuk dengan air dan nyalakan lilin di bawah mangkuk tersebut. Tambahkan 6 tetes minyak esensial dama air tersebut.

Pengharum ruangan. Tambahkan 6 tetes minyak esensial pada mangkuk kecil berisi air hangat. Letakkan mangkuk di meja atau sudut ruangan. Biarkan aroma wanginya menyebar ke seluruh ruangan.
[Read More...]


Senam Mata, Bikin Awet Muda



SELAIN melatih lengan, kaki, perut, dan dada untuk kebugaran fisik, mata juga ternyata dapat dilatih demi kebaikan indera penglihatan. Memang tak semua pakar sepakat bahwa olahraga mata (eye-robics) dapat membantu mempertahankan penglihatan. Akan tetapi, makin banyak spesialis terapi penglihatan percaya senam mata setiap hari dapat membuat mata Anda awet muda.

"Logika di balik terapi penglihatan ini adalah bila Anda dapat merusak sistem penglihatan karena kebiasaan mengerjakan sesuatu dalam jarak dekat, berarti Anda dapat memulihkannya," kata Steven Ritter, O.D., dari State University of New York College of Optometri di New York City.

Spesialis terapi penglihatan atau vision therapist dapat meresepkan sampai sekitar 280 macam latihan. Tak satu pun dapat mengatasi masalah penglihatan semua orang. Akan tetapi tidak ada salahnya bila Anda mencoba beberapa di antaranya.

1.Membaca koran dari jauh.
Apabila pekerjaan mengharuskan Anda duduk di depan komputer selama berjam-jam, cobalah yang berikut ini: Tempelkan satu halaman koran pada dinding yang kurang lebih berjarak 2,5 meter dari tempat Anda biasa duduk. Hentikan pekerjaan Anda setiap sekitar sepuluh menit untuk mengarahkan pandangan ke koran tadi. Berusahalah membaca tulisan di koran itu. Kemudian lihat lagi layar komputer Anda. Kerjakan ini berulang-ulang, masing-masing selama 30 detik, sekitar enam kali dalam satu jam. Latihan ini dapat membantu menghindari kekaburan yang sering dialami oleh para operator komputer di penghujung hari kerja.

2. Melempar bola ke dinding.
Berdirilah pada jarak sekitar satu hingga satu setengah meter dari sebuah dinding yang kosong, menghadap ke arah dinding. Minta seorang teman berdiri di belakang Anda kemudian melontarkan sebuah bola tenis ke dinding. Ketika bola itu memantul dari dinding, cobalah menangkapnya. Latihan ini dapat membantu meningkatkan koordinasi tangan/mata Anda.

3. Membaca jempol sendiri.
Acungkan jempol Anda sejauh-jauhnya. Buat gerakan melingkar, huruf X dan tanpa +, dekat dan jauh secara bergantian. Ikuti dengan mata Anda. Sementara itu, usahakan menangkap bayangan ruangan dalam medan pandangan Anda sebanyak mungkin. Teruskan latihan ini dengan sebelah mata tertutup. Ulang dengan sebelah mata yang lain. Ini dapat meningkatkan penglihatan periferal Anda.

4. Mengikuti sorotan lampu senter.
Latihan yang menyenangkan ini dapat meningkatkan kemampuan Anda mengikuti sebuah benda dengan mata. Latihan ini memerlukan seorang teman dan dua buah lampu senter. Berdirilah di sebuah ruangan yang gelap, menghadap ke dinding. Mintalah kepada teman Anda agar menyorotkan lampunya ke dinding dan menggerakkannya dengan gerakan menyapu membentuk sebuah gelombang. Dengan lampu senter yang Anda pegang, ikuti lingkaran cahaya itu sambil berusaha menyeimbangkan sebuah buku yang diletakkan di atas kepala. Dengan begini Anda terpaksa mengikuti gerak cahaya dengan mata, tanpa menggerakkan kepala.

5. Membaca bola.
Tulis sejumlah huruf atau angka pada sebuah bola softball atau bola dari styrofoam, pasang sebuah kaitan, kemudian gantung bola itu pads langit-langit dengan seutas tali. Makin kecil tulisan Anda, makin sulit latihan ini. Ayunkan bola itu. Cobalah menyebutkan huruf atau angka yang Anda lihat. Latihan ini membantu Anda tetap terampil mengikuti benda bergerak secara fokus.

6. Membuat untaian manik-manik.
Latihan ini melatih kedua mata agar terpusat ke sebuah benda sasaran. Ini juga melatih otak untuk menggunakan kedua mata secara beruama-sama. Ambil benang sepanjang kira-kira 180 cm, masukkan ke dalam lubang tiga buah manik-manik yang mempunyai warna berbeda. Ikat salah satu ujung benang ke dinding dengan ketinggian sejajar mata, sedangkan ujung yang lain nanti Anda pegang di depan hidung. Geser salah satu manik-manik ke ujung dekat dinding, tempatkan manik-manik kedua pada jarak sekitar 120 cm dari hidung, sedangkan yang ketiga pada jarak sekitar 40 cm dari hidung.

Arahkan pandangan Anda ke manik-manik yang paling jauh. Anda akan melihat bayangan dua buah benang membentuk huruf V dengan manik-manik sebagai pusat. Pindahkan arah pandangan Anda ke manik-manik di tengah. Perhatikan huruf X yang terbentuk oleh bayangan benang dengan manik-manik tengah sebagai pusat. Kemudian pindahkan lagi pandangan Anda ke manik-manik paling dekat, dan saksikan huruf X yang serupa. Pindahkan pandangan Anda dari manik-manik sate ke yang lain dengan cepat, dan jangan lupa memperhatikan huruf V atau X yang terbentuk.

Apabila kedua mata Anda bekerja sebagai sebuah tim, Anda selalu harus menyaksikan dua bayangan benang saling menyilang ketika memusatkan perhatian Anda ke salah satu manik-manik. Jika mata Anda tidak bekerja sama, Anda akan menyaksikan pola-pola yang berbeda atau hanya sebuah benang.
[Read More...]


Tlusupen Bisa Jadi Mata Ikan.




Jangan membiasakan berjalan tanpa alas kaki meskipun itu didalam rumah, karena bisa beresiko kemasukan benda asing atau bahasa jawanya " Tlusupen ", dan memang awalnya tidak terasa sakit, karena itu banyak yang membiarkannya, apabila dibiarkan terus kulit disekitarnya akan menebal dan lama kelamaan akan timbul rasa mengganjal sekaligus nyeri dibagian itu. Ini yang disebut Clavus ( Mata Ikan ).

Sebetulnya mata ikan ini tidak berbahaya, tapi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, karena terasa nyeri sekali bila dipakai untuk berjalan dan tentunya mengganggu kegiatan sehari-hari. Satu satunya pengobatannya adalah dengan operasi, tetapi tidak perlu takut dengan kata operasi ini, karena operasi ini hanya operasi kecil.

Banyak orang mengira rasa sakit yang ditimbulkan disebabkan karena sebab lain misalnya memakai sepatu yang terlalu tertutup, atau memakai sepatu yang kekecilan, padahal bukan itu penyebabnya. Atau dikira hanya kapalan biasa atau kutil yang timbul ditelapak kaki. Kalau Kapalan atau penebalan kulit adalah lapisan kulit yang menebal saja dan tidak menimbulkan nyeri, bisa diobati dengan obat oles untuk melunakkan bagian kulit kaki yang menebal, sedangkan kutil / Papilloma disebabkan oleh virus. Beda dengan mata ikan yang harus dioperasi untuk mengambil sumber penyebab nyeri tadi, penyebab tlusupen ini paling sering adalah serabut kayu dan debu.


Gambar diambil dari http://www.podotherapie-laarbeek.nl/Podotherapie.html


[Read More...]


Mau Marah? Tarik Napas Dalam



PERNAHKAH kita menyadari diri saat marah, sedih, cemas, gelisah, kecewa, dan saat segala macam perasaan tidak menyenangkan muncul? Kalau pernah, bagaimanakah napas kita saat itu? Tentu, napas kita pendek-pendek dan bahkan bisa tersengal-sengal.

Dan ternyata gejalanya bisa jadi tidak hanya sampai di situ saja. Kita mungkin pernah berkeringat dingin saat merasa takut, sakit perut saat demam panggung, diare saat mau ujian, jantung berdetak cepat saat marah, takut dan sebagainya. Keadaan semacam dalam bahasa psikologi disebut psikosomatis.

Seorang profesor yang juga spesialis kanker dari Institute Rotary Cancer Hospital, New Delhi, India, Vinod Kochupillai menyebutkan, gejala-gejala ini menandakan bahwa pikiran, kondisi emosi seseorang mempengaruhi badan. “Pikiran dan tubuh itu menyatu,” ujar professor yang telah menghasilkan 150 tulisan ilmiah di jurnal nasional dan internasional.

Vinod melanjutkan, ketika kita mulai sadar bahwa kita sedang marah atau mengalami emosi yang tidak menyenangkan, ada baiknya langsung menenangkan diri. Caranya, dengan menarik napas dalam terus menerus.

Dalam meditasi, yoga dan berbagai aliran senam pernapasan diajarkan bagaimana bernapas dalam. Selama berabad-abad, banyak orang suci dan para rishi menyarankan latihan yoga, meditasi, pranayam untuk mencegah atau memperbaiki reaksi kita terhadap stres.

Bernapas itu makanan penting untuk semua makhluk. Secara fisik, manusia bisa hidup tanpa makanan dan minum dalam waktu agak lama, misalnya tiga hari bahkan empat minggu. Namun, bila tanpa oksigen, sehari saja kita bisa mati.

Oksigen (O2) yang kita hirup digunakan untuk membakar makanan yang masuk dalam tubuh supaya menghasilkan energi. Sisa pembakaran berupa karbondioksida (CO2) dikeluarkan lewat paru-paru. Tanpa oksigen, sel-sel tubuh tidak akan berfungsi. Semakin lama tanpa oksigen, semakin rusak sel-sel tubuh. Artinya, tinggal kematian saja.

Pengambilan O2 dan pengeluaran CO2 berlangsung karena adanya otot-otot diafragma (sekat rongga badan), otot-otot rongga dada dan perut yang memungkinkan paru-paru mengembang (menghisap udara) dan mengempis (mengeluarkan udara).

Ketika kita bernapas, udara masuk lewat hidung, tenggorokan, kemudian ke paru-paru. Setelah mencapai alveoli (kantong udara pada paru-paru) oksigen berdifusi atau menyebar melalui membran alveoli kapiler yang sangat tipis yang terdiri dari jaringan membran alveoli dan dinding kapiler pembuluh darah.

Dalam keadaan normal, semua oksigen akan diikat oleh hemoglobin sel darah merah selanjutnya disebarkan ke sel-sel di seluruh tubuh. Sementara itu, sisa hasil pembakaran dari sel yang berupa gas CO2 akan dibawa sel darah merah lewat membran alveoli kapiler ke alveoli. Selanjutnya dikeluarkan ke udara bebas.

Semakin banyak oksigen yang kita hirup secara teratur setiap hari, sel-sel tubuh akan mengalami regenerasi. Sel-sel tidak menjadi lapar akan oksigen dan selalu muda. Menurut Prof. Vinod, bernapas dalam, memungkinkan pasokan oksigen ke otak, sistem saraf dan seluruh tubuh tercukupi. “Akibatnya kita menjadi tenang, bahagia, dan merasakan nikmat yang luar biasa. Keadaan ini muncul akibat otak menyemprotkan saripati kenikmatan dalam tubuh karena kedua belah otak berada dalam keseimbangan. Kesenangan emosional ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh menjadi sehat. Sel-sel yang rusak misalnya akibat kanker bisa diperbaiki.,” ujar Kepala Departmen of Medical Oncology All Indian Institute of Medical Sciences, New Delhi ini.

Sebaliknya, ketegangan emosional semisal stres yang berkepanjangan mengakibatkan terjadinya kontraksi otot dada, bahu, punggung, leher, muka, dan diafragma. Akibatnya gerakan otot diafragma menjadi terganggu. Napas pendek dan cepat, bahkan sistem kardiovaskular (pembuluh darah dan jantung) kita juga terganggu. Efeknya, pasokan oksigen ke seluruh tubuh menipis.

Ini artinya irama pernapasan merupakan salah satu petunjuk fisik paling jelas atas keadaan emosional dan mental seseorang. Penurunan oksigen menimbulkan respon “lawan” dari sistem saraf dan ini akan menciptakan sensasi fisik dan rangsangan saraf yang mengganggu aktivitas otak. Ketidakseimbangan otak akan terwujud berbentuk misalnya konsentrasi buruk, panik, gelisah, cemas, tegang.

Dalam keadaan demikian, otak yang diwakili sistem limbic berupa kelenjar pituitary, amygdala, dan hippocampus akan mengeluarkan hormon stres (kortisol, kortikosteroid, katekolamin). Padahal hormon-hormon ini menyebabkan tekanan terhadap sistem kekebalan dan bahkan kekacauan metabolisme tubuh.

Dalam kasus esktrim, keadaan tersebut bisa menyebabkan orang menjadi kecanduan terhadap tembakau, alcohol, juga narkotika karena bahan-bahan di dalamnya mengandung zat penenang.

Bila serangan stres terjadi berulang dan menjadi kronis, dapat menyebabkan perubahan fisiologis yang permanen. Munculah penyakit seperti darah tinggi, diabetes, jantung koroner, asma, gastrointestinal (saluran pencernaan), infeksi, migrain, sakit kepala, dan lain-lain.”Ini karena depresi menekan produksi limposit dan menurunkan fungsi kekebalan,” jelas Vinod.

HDL Meningkat
Maka, Prof. Vinod kemudian menekankan agar kita berhati-hati terhadap emosi negatif yang muncul di dalam diri kita. Menurutnya, kecemasan, sikap bermusuhan, sikap menyerang, perasaan kesepian, amarah akan mempengaruhi kesehatan kita.

Banyak orang di dunia sekarang ini menderita penyakit dan kekacauan mental. Ini akibat kehabisan napas karena pernapasan yang tidak benar, kurang berolahraga, gizi yang buruk, polusi diri (tembakau, obat-obatan, pengawet) dan polusi lingkungan. Sel-sel tubuh akan lapar dengan oksigen sebagai bahan bakar utama.

Berbagai penelitian mengindikasikan bahwa penyakit seperti kanker, jantung, paru-paru dan AIDS dapat diperbaiki melalui pemberian oksigen yang sesuai kepada sel-sel. “Yah, paling tidak kualitas hidup penderita diperbaiki dan hidupnya diperlama,” ujar Prof. Vinod.

Dalam sebuah penelitian di beberapa institusi semisal di All Indian Institute of Medical Sciences, India, Prof. Vinod mencobakan sebuah teknik pernapasan yang dikembangkan oleh tokoh spritual India, Sri Sri Ravi Shankar bernama Sudharsan Kriya dan Pranayam (Sk-P).

Dari 21 individu sehat berusia 35-50 tahun yang melakukan metode SK-P selama 70 menit ditemukan penurunan kadar cortisol darah (hormon stress). Sebelum melakukan teknik SKP ditemukan kadar kortisol darah pada para individu itu antara 169- 375. Setelah latihan, kadar kortisol menjadi 83- 223.

Penelitian lain berlangsung dengan mengikutsertakan 10 orang polisi yang sedang menjalani penggojlokan. Selama sebulan pelatihan, stress tinggi ditunjukan dengan kadar laktat darah para polisi mencapai angka sekitar 0,64 mmoles/L. Ini karena mereka tidak menggunakan teknik SK-P. Setelah sebulan kemudian melakukan SK-P, kadar laktat darah para polisi menurun menjadi 0,55 mmoles/L.

Dalam penelitian lain lagi yang dilakukan di Bangalore Medical College, Vinod sekali lagi membuktikan keampuhan bernapas model ini. Selama tujuh hari, seseorang diminta melakukan teknik SK-P. Akibatnya, terjadi penurunan kolesterol serum totalnya. Dari mulai 118,32 mg% menjadi 91,75mg%. Sementara kolesterol HDLnya meningkat dari 43,17 mg5 menjadi 46,55 mg%. Kemudian latihan ditingkatkan menjadi 45 hari. Hasilnya, koletesrol total menurun lagi menjadi 74,72 mg% dan HDL meningkat menjadi 51,51 mg%.

Otak Berjalan
Sebenarnya, sudah sejak lama, berbagai penelitian ilmiah menegaskan bahwa antara tubuh dan pikiran saling berkaitan. Sehingga muncul ilmu yang disebut Psychoneuroimmunology (Psycho artinya mental, neuro artinya system saraf, dan immunology artinya system kekebalan tubuh) atau Mind-Body Medicine.

Dr. Candace Pert, mantan Ketua Bidang Kimia Otak pada Institut Nasional Kesehatan Jiwa, Universitas California, Amerika Serikat, menyebutkan, sel-sel saraf dalam otak kita bekerja karena rangsangan peristiwa fisik atau psikologis. Misalnya, ketika kita mendapat serangan beruang atau menerima kritik tajam, neuropeptide yang berada dalam sel-sel tubuh segera menyampaikan laporan melalui reseptornya di sumsum lanjutan (medulla oblongata) ke otak.

Dengan kelenjar pineal sensitif yang dipunyainya, otak dengan segera memerintahkan penyemprotan hormon tertentu supaya tubuh aman, misalnya endorfin disemprot supaya rasa sakit bisa ditahan. Begitu seterusnya

Contoh lain, saat seseorang mendapat kabar gembira atau sedang dalam keadaan bernapas dalam, sebuah sel saraf menyemprotkan opiate peptides atau saripati kenikmatan. Efek yang dialami dalam sel saraf di seluruh system secara bersamaan adalah rasa nikmat.

“Jadi dalam tubuh kita sendiri sebenarnya sudah terdapat pabrik obat yang mampu memproduksi obat-oatan yang mengatur suasana hati dan jenis obat psikoaktif,” ujar Candace.

Candace menyatakan, para ahli biokimia telah menemukan hampir 100 penyampai pesan biokimia ini membentuk sebuah jaringan informasi dalam tubuh atau pikiran dengan menghubungkan pikiran, emosi, dan sistem kekebalan.

Otak, kelenjar dan system kekebalan tubuh dihubungkan oleh jaringan informasi neuropeptide dan reseptor yang luar biasa. “Dalam hal ini, kita bisa menyebut neuropeptide dan reseptor itu sebagai otak yang dapat berjalan,” ujar Prof. Vinod menegaskan.

Karena itu, membuat otak selalu seimbang adalah hal penting buat kita. Menjaga agar otak selalu terasup oksigen secara cukup bahkan penuh adalah langkah menjaga agar kedua belah otak menjadi seimbang sehingga fungsinya berjalan optimal.

Richard Leviton, dalam bukunya Brain Builders menyebutkan bahwa orang yang mengalami gelombang otak alpha (7-14 Hz) melaporkan bahwa perasaannya nikmat, rileks, kesadaran meningkat dan emosi stabil. Dalam keadaan seperti ini otak akan sanggup membuat tubuh tetap dalam kondisi sehat karena produksi hormon kekebalan tubuh lancar dan tidak terganggu metabolisme.

Lain halnya bila otak sudah kehabisan tenaga dan bahan bakar (oksigen) akibat pernapasan pendek dan tersendat terus menerus. Gangguan ini menyebabkan kekacauan di otak. Akibatnya produksi hormon-hormon kekebalan yang melindungi tubuh juga kacau dan tersendat. Kita bahkan dapat mengubah keadaan gelombang otak ini sesuai keinginan dengan melakukan teknik semacam meditasi.
[Read More...]


Sarapan Sehat Buat Anak



SARAPAN tidak hanya diperlukan orang dewasa, tetapi juga anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan selalu bergerak aktif. Kualitas serta pola sarapan jelas sangat penting karena dengan sarapan sehat, anak-anak akan tercukupi kebutuhan gizinya selain juga memiliki cukup energi untuk berakitivitas, baik fisik maupun otak seperti berpikir, belajar, dan berkonsentrasi.

Seperti diungkapkan ahli gizi yang juga Ketua Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr Sri Sukmaniah, MSc, SPGK (K), sarapan sehat untuk anak sebaiknya mengikuti pola makan seimbang yakni komposisi karbohidrat 60-68 persen, protein 12-15 persen, lemak 20-25 persen, dan serat 10-15 gram. Selain itu, porsi sarapan juga minimal mencapai 20 hingga 25 persen dari total jatah kalori selama satu hari.

"Oleh karena itu, sarapan yang sehat bagi anak 6-12 tahun idealnya terdiri dari padi-padian atau gandum utuh, buah-buahan atau sayuran, kacang-kacangan atau produk turunannya seperti tempe tahun dan susu atau produk hewani lainnya," ungkap Sri dalam jumpa pers di Jakarta Selasa (10/6) pekan lalu.

Untuk pembagian porsi kalori, terang Sri, sarapan mencakup 20-25 persen dari kebutuhan total diet selama sehari. Makan siang dan makan malam masing-masing 30 persen, sedangkan makanan selingan dapat dilakukan dua kali dengan porsi masing-masing 10 persen.

Sarapan dapat ditambah makanan selingan pagi sehingga anak akan tercukupi energi sampai siang hari. Sumber karbohidrat juga tidak harus nasi, golongan serealia lain seperti gandum atau oat atau produk olahannya juga dapat menjadi pengganti nasi.

Padi-padian atau sereal adalah pilihan menu ideal buat sarapan mengingat kelengkapan kandungan gizi maupun nilai kepraktisannya. Sereal terbuat dari bahan alami dan mengandung lebih banyak serat selain aneka ragam vitamin. Dengan demikian, sereal akan mencukupi bukan saja kebutuhan energi, melainkan banyak zat gizi esensial. Memilih sereal untuk sarapan berarti sudah memenuhi seperempat kecukupan kalori selain kecukupan sekian vitamin, dan serat.

Untuk anak-anak, Sri juga menyarankan agar porsi sarapan sebaiknya tidak terlalu banyak karena dengan porsi besar akan mengganggu sistem pencernaannya. "Perut yang terasa penuh menyebabkan sakit sehingga aktivitasnya bisa terganggu," ungkapnya.

Tip Menyiapkan Sarapan Anak :
1. Siapkan menu sarapan sehat & bergizi seimbang .
2. Pilih menu sarapan yang praktis dan bervariasi dari berbagai jenis bahan makanan.
3. Sarapan tidak harus nasi. Sereal, roti, kentang, dan mie bisa menjadi alternatif.
4. Susu atau hasil olahannya seperti yogurt sangat dianjurkan.
5. Bisa dilengkapi dengan buah segar atau yang diblender
6. Beri air minum yang cukup
7. Berikan pula kesempatan buat anak merencanakan dan mempersiapkan sarapannya.
[Read More...]


Botox Pengaruhi Otak?



BEBERAPA peneliti telah mendapati bahwa "botulinum neurotoxin" jenis A, yang lebih dikenal dengan nama "botox", penghilang kerutan yang terkenal, dapat bergerak ke dalam sistem saraf pusat setelah disuntikkan ke dalam kulit, demikian "The Journal of Neuroscience" terbitan paling akhir yang disiarkan Jumat.

Temuan oleh beberapa peneliti Italia tersebut telah mencuatkan keprihatinan baru mengenai bagaimana toksin itu bekerja dan apa konsekuensi tak diinginkan yang mungkin ada.

"Botulinum toxin" memutuskan hubungan antara sel-sel saraf dengan merusak protein yang disebut SNAP-25. Gangguan itu melumpuhkan otot yang dikendalikan oleh sel-sel saraf tersebut. Benda yang lumpuh itu memungkinkan para dokter merawat beberapa penyakit seperti "strabismus" (atau mata juling). Operasi plastik juga menggunakan dosis rendah untuk melumpuhkan otot wajah, sehingga garis dan kerutan jadi tak terlihat.

Satu tim peneliti Italia meneliti penggunaan potensial lain toksin tersebut: untuk merawat epilepsi. Namun saat mempelajari dampaknya pada tikus yang menderita epilepsi, mereka menemukan bukti mengenai toksin pada kedua sisi otak hewan itu, sekalipun mereka hanya telah menyuntiknya di satu sisi.

Dengan menggunakan dosis yang sesuai dengan yang disarankan pada manusia, para peneliti kemudian menyuntikkan "botulinum" ke dalam mata, dagu, dan otak pada tikus normal. Mereka melacak toksin itu --SNAP-25 yang tergantung-- untuk melihat di mana dan bagaimana zat tersebut bergerak melewati sistem saraf.

Dalam kasus "botulinum" jenis A, jenis yang digunakan pada Botox, mereka mendapati bahwa rongsokan di sepanjang saraf berasal dari tempat suntikan dan di saraf yang berdekatan. Toksin itu bahkan mencapai bagian pangkal otak.

"Satu bagian penting toksin itu aktif di tempat yang bukan diperuntukkan baginya," kata Matteo Caleo, pemimpin peneliti tersebut. Percobaan itu adalah yang pertama yang memperlihatkan bahwa "botulinum" bergerak.

Namun, Christopher von Bartheld, ahli saraf dari University of Nevada, mengatakan orang tak perlu takut. "Botox telah digunakan selama lebih dari 25 tahun dengan sangat sedikit komplikasi, kecuali Anda kelebihan dosis."

Ia menambahkan bahwa kemampuan toksin itu untuk menyebar mungkin memiliki sisi positif, sehingga memungkinkan dokter mengobati penyakit yang berpusat di otak seperti epilepsi.
[Read More...]


Kisah Bocah Tanpa Lubang Anus Berakhir Bahagia



BAHAGIA menyelimuti hati Anton dan Sarinah, warga Desa Baru Manggar, Beltim. Buah hati mereka, Farel, yang baru berusia satu tahun lebih kini sudah bisa buang air besar secara normal pascaoperasi lubang anus di RSUPAU Dr Esnawan Antariksa, Halim Perdana Kusuma, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Farel sebelumnya mengalami kelainan sejak lahir karena tidak memiliki lubang anus. Hampir dua bulan, Farel didampingi kedua orangtuanya menjalani perawatan dan operasi di Jakarta. Kepastian operasi lubang anus Farel akhirnya terwujud berkat bantuan Yayasan Hijau Putih Jakarta bekerja sama dengan DPRD Kabupaten Beltim dan Pemkab Beltim.

Farel menjalani tiga kali operasi. Operasi pertama berlangsung 22 Mei 2008, dilanjutkan operasi kedua pada 29 Mei 2008, dan terakhir pada 5 Juni 2008. Selama menjalani perawatan di rumah sakit, orangtua Farel hanya mengeluarkan dana untuk keperluan membeli obat-obatan, sementara biaya operasi dan kamar ditanggung rumah sakit.

"Syukur Alhamdulillah sekarang Farel sudah bisa buang air besar secara normal setelah menjalani operasi. Kami orangtua Farel sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah, bupati, semua pihak yang sudah memberikan bantuan dana maupun kemudahan bagi kami selama ini, sehingga anak saya bisa dioperasi. Kami juga sangat berterima kasih kepada Ibu Heldi dari Yayasan Hijau Putih Jakarta yang sudah banyak membantu kami selama di Jakarta dan kembali lagi ke Belitung," ungkap Anton.

Petugas Gizi Puskemas Manggar Lisa Meilinda AM Keb yang ikut menjenguk Farel mengimbau orangtua Farel agar memberikan asupan makanan tambahan bergizi guna memulihkan kondisi dan berat badan Farel seusai menjalani operasi.

"Jangan dulu beri makanan yang keras-keras, sebaiknya selain diberikan makanan bubur diselingi juga susu supaya berat badannya dapat kembali normal," kata Lisa didampingi rekan kerjanya, Rosina.

Berat badan Farel sempat turun saat diberangkatkan ke Jakarta karena Farel harus menjalani puasa menjelang operasi. "Sekitar 17 hari puasa, enggak boleh makan dan minum karena mau dioperasi hanya dari infus saja. Paling hanya boleh dikasih minum beberapa tetes, sekarang sudah mulai mau makan, tapi hanya boleh makan bubur," Sarinah menjelaskan.
[Read More...]


Hidup Bersih Tanpa Harus Paranoid!



Mengorek kuping, menyikat gigi kuat-kuat, hingga manuver zigzag telunjuk Anda di lubang hidung adalah jalan tol menuju problem kesehatan!

ADA satu kesamaan pada 1.001 wartawan kesehatan: terlalu membesar-besarkan masalah kesehatan. Bahkan melebihi dokter! Wartawan kesehatan begitu percaya diri bahwa mereka lebih banyak tahu soal kesehatan ketimbang dokter–terutama yang sudah spesialis. Faktanya, pengetahuan mereka tidak mendalam dan setengah-setengah. Dan hasilnya, seperti saya, paranoid terhadap penyakit.

Di awal karier sebagai wartawan kesehatan, mendadak saya begitu peka terhadap penderitaan orang lain, menganalisis gejala-gejalanya, kemudian membuat kesimpulan. Persis seperti dokter ahli yang melakukan anamnesis. Saking ahlinya, Mas Joko, Ibu Lili, adik saya, sobat saya, menggigil ketakutan setengah mati akibat diagnosis saya! (Barangkali ada diagnosis yang benar, namun terlalu banyak yang salah).

Tapi percayalah, saya tak berniat menjahili orang lain karena saya sendiri menjadi korban dari pengetahuan setengah-setengah itu. Misalnya, berikan saya satu pak cottonbud (isi 200), maka satu setengah bulan kemudian yang tersisa hanyalah bungkusnya saja. Kadang-kadang, jika kehabisan cottonbud –demi kebersihan telinga, saya kreatif membungkus ujung korek api dengan kapas agar telinga saya tetap bersih. Oya, saya lebih memberikan apresiasi pada Abah Adim di Cariu, Jonggol, yang merem melek membersihkan telinganya dengan bulu ayam, ketimbang bintang sinetron seksi yang kupingnya kotor.

Selalu begitu, hingga suatu ketika saya menderita infeksi telinga. Sakit dan berdenging-denging. Terutama ketika Iyet, pacar sobat saya yang suaranya cempreng, sedang kambuh penyakit nyerocosnya. Karena saya lebih menghargai persahabatan, saya mengalah dan pergi ke dokter spesialis THT. “Ini sih karena terlalu sering membersihkan telinga,” kata dokter spesialis THT itu sambil mengintip lubang telinga saya. “Jangan pernah... ,” katanya seraya mengorek kuping saya dengan benda dingin, ”Membersihkan.. telinga… sejauh… ini!” Wah!

Saya langsung kehilangan simpati pada dokter itu. Saya pilih dokter lain yang bisa memberikan pembenaran soal urusan korek kuping. Ternyata ada, meski dengan tambahan hydrogen peroxide. Tapi di hati kecil saya, saya mengakui bahwa dokter THT pertama saya itu memang benar.

Jadi sobat, berikut adalah trik agar Anda bisa tetap hidup bersih tanpa harus mati dalam keadaan paranoid!

Lubang ini antiinvasi
Membersihkan lubang telinga dapat menimbulkan infeksi dan itu malah menambah buruk masalah. “Bahkan membersihkan telinga dengan cottonbud terlalu dalam bisa membuat gendang telinga pecah,” kata asisten profesor di Otolaryngolog Washington University, Dr. Timothy Hullar. Sarannya, jangan lakukan apa pun pada telinga Anda. Lho?

“Sebenarnya Anda tidak perlu membersihkan lubang telinga,” katanya. Barangkali memang ada sedikit orang yang bermasalah dengan tumpukkan kotoran di lubang telinga, tapi itu bisa diselesaikan dengan memberikan sedikit hydrogen peroxide plus air. Takarannya 50:50 dan lakukan dua kali seminggu. Sebagai pengganti air Anda juga bisa menggunakan minyak mineral. “Olive oil juga oke, cuma mungkin Anda akan berbau seperti salad,” kata Dr Hullar.

Potonglah dengan cinta
Memotong kuku dengan paksa, misalnya menggunakan kuku jari tangan yang lain, bisa membuat kuku yang tersisa masuk ke dalam daging. Pada kasus yang ekstrem, masalah ini bisa berakhir pada infeksi tulang atau luka busuk. Walau jarang, ada pula yang berakhir dengan amputasi. Bahkan, keadaan seperti tumbuhnya bagian kuku ke dalam kulit bisa berakhir dengan “Perubahan sebagian kuku yang bisa merusak akar kuku sehingga tidak dapat lagi tumbuh,“ kata ahli dari Rhineback, New York, Tracey Toback., D.P.M.

Saran : jangan memakai sepatu yang terlalu sempit sebab biasanya akan menekan kuku dengan keras. Dan jangan memotong kuku terlalu pendek, atau terlalu dalam dari batas kuku. Anda bisa lihat kulit di bawah kuku Anda telah memberikan batas alamiahnya.

Mengurangi manuver di lubang hidung
Tahukah Anda jika obat tetes hidung dan spray bisa menimbulkan kecanduan? Suster di Eastern Virginia Ear, Nose & Throat Specialist, Bonnie Dooley, RN, memerhatikan seorang pasien yang tidak dapat pergi sejam saja tanpa spray hidung. Padahal pemakaian yang berlebihan bisa menyebabkan menurunnya kemampuan Anda dalam mencium bebauan, atau malah membuat hidung mampet. Penyemprotan yang ekstrem juga dapat mengacaukan tekanan darah.

Lain kali, jika hidung Anda terasa mampet cobalah dulu air garam. Toko obat-obatan biasanya menjual spray yang berisi larutan saline. Larutan ini akan membasahi bagian rongga hidung yang kering dan tidak akan menimbulkan pemakaian yang berlebihan. Mencoba antihistamin, obat antialergi, dan menghirup inhaler dapat menghilangkan mucus.

Kulit nan bersih
Survey di Ballparks tahun 2005 menunjukkan bahwa 37 persen pria tidak membersihkan tangan mereka setelah ‘menabung’ di toilet. Jijik, tentu saja. Hal sebaliknya terjadi di Surabaya, pemerintah kota meminta warganya mencuci tangan sesering mungkin agar warganya terhindar dari penyakit influenza, diare, SARS, dan infeksi nosokomial (infeksi penyakit yang didapatkan dari rumah sakit). Demikian laporan Koalisi untuk Indonesia Sehat.

Seberapa sering harus cuci tangan? Ada orang yang tak mau berhenti cuci tangan saking khawatirnya. “Mereka mencuci dan mencuci terus tangannya, kemudian menggosok-gosokkan kedua telapak tangan untuk memastikan kebersihannya,” kata dermatolog di California, Dr Julian Omidi.

“Jika dilakukan terus-menerus, hal ini bisa menimbulkan trauma pada kulit bagian atas. Selanjutnya, ujung-ujung saraf akan teriritasi, menjadi penyebab lingkaran setan masalah gatal-gatal dan keinginan untuk terus-menerus menggaruk.”

Bahkan masalah saraf ringan akibat terkikisnya minyak alami pada kulit tangan gara-gara terlalu rajin cuci-tangan bisa membuat telapak tangan Anda dipenuhi bintil-bintil. Kejadian serupa bisa menimpa wajah Anda, terutama jika terlalu boros memakai sabun. Kelenjar minyak akan berproduksi lebih giat, membuat pori-pori kulit dan folikel, lubang tempat tumbuhnya rambut-rambut halus, tersumbat. Akibatnya, gunung-gunung merah akan tumbuh dengan permai di wajah Anda yang tampan.

Gigi secemerlang bintang
“Jangan menggosok gigi keras-keras,” kata dokter gigi dari Klinik DAT, Drg Nuh Talib Hamdani. Menggosok gigi dengan menggunakan tenaga penuh hanya akan membuat email gigi Anda menipis sehingga membuat permukaan gigi lebih terekspos. “Ini alasan mengapa gigi Anda terasa ngilu saat minum air dingin,” katanya.

Pada kasus yang lebih berat, bukan hanya rasa dingin yang membuat gigi ngilu tapi juga rasa panas. Akibat lain dari penipisan email adalah kuningnya gigi. “Ini karena lapisan dentin yang berwarna kuning jadi terlihat,” kata Dr. Nuh. Akibatnya, karena dentin ini lebih rapuh ketimbang email maka gigi Anda mudah patah.

Menggosok gigi keras-keras juga bisa menyebabkan erosi gusi. Efeknya, gigi terlihat lebih panjang karena gusi turun hingga akarnya terlihat. Bukan hanya membuat Anda terlihat makin jelek, kasus ini juga bisa membuat gigi Anda terasa ngilu. Lalu apa ciri Anda biasa menggosok gigi keras-keras? “Sikat gigi Anda akan melebar ke samping, persis bunga. Lalu gigi Anda juga terlihat kuning dan panjang,” kata Dr. Nuh.

Saran: Gosoklah gigi Anda secara vertikal atau dengan gerakan memutar –ini akan mengurangi gesekan yang radikal. “Tapi jika Anda sulit mengubah kebiasaan menggosok gigi penuh tenaga, pilihlah sikat gigi yang bulunya lembut.. bukan yang sedang apalagi yang berbulu keras.”

‘Knalpot’ yang gatal
Gatal-gatal pada –maaf- anus atau rektal yang disebut juga pruritus bisa terjadi akibat kurang bersihnya area tersebut, terutama toilet tempat Anda nongkrong. Umumnya, kasus ini disebabkan adanya sisa kotoran yang melekat pada lipatan-lipatan di dekat rektal.

Tapi gatal-gatal dan iritasi juga bisa terjadi akibat aktivitas menyeka secara berlebihan dengan kertas toilet, atau terlalu bersemangat mencucinya dengan air. Area rektal memiliki minyak alami yang bisa mengurangi kemungkinan iritasi. Menyabuni dan membersihkannya secara berlebihan hanya akan menghilangkan minyak tersebut.

Saran: Jika Anda menderita masalah ini, maka menurut ahli kulit dari Klinik Erha, Dr. Tridia Sudirga., Sp.KK., Anda bisa menggunakan Proctofoam HC –obat yang berisi hydrocortison dalam bentuk aerosol. Lakukan setiap Anda selesai berurusan dengan toilet, tapi penggunaannya jangan melebihi waktu dua minggu. “Hydrocortison mampu mengurangi gatal dan inflamasi,” kata Dr. Tridia. Untuk mendapatkan obat ini Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Hal serupa bisa terjadi dengan ‘semak-semak’ di area terpenting Anda. “Menggosoknya terlalu keras bisa membuat rambut tumbuh ke dalam sehingga menimbulkan jerawat,” kata urolog dari Bradenton, Florida, Dr. G. Bino Rucker. Anda memang harus mencucinya tapi lakukan dengan lembut. Cucilah dengan sedikit sabun sehingga Anda tidak membuang minyak alami yang Anda butuhkan. Jika Anda ragu-ragu: Biarkan semak-semak itu tumbuh dalam damai.

Inilah Hasilnya!

• Si Penggergaji
Dokter gigi Jeffrey Shapiro, DDS pernah mempunyai pasien yang begitu bersemangat melakukan flossing sehingga dia menggergaji salah satu giginya. “Pria itu baru sadar giginya bermasalah ketika tindakannya mengenai saraf di dalam gigi.”

• Penis Ajaib
Dr Michael Abernety, seorang dokter dan bertugas di unit gawat darurat, pernah menangani seorang remaja pria yang ingin memiliki penis berminyak. Dia menggunakan tabung tipis dari kaleng penyemprot WD-40 untuk menyemprotkan sesuatu ke dalam saluran kencingnya. ”Karena bertekanan tingi, WD-40 itu menyemprot demikian keras sehingga jaringan lunak sekaligus kulit penisnya rusak. Dia butuh operasi plastik,” katanya. Dan si remaja takkan bisa menggunakan penisnya lagi…

• Daging Menganga
Dr Abernethy terbiasa melihat orang-orang lapangan menjahit sendiri luka menganga yang mereka peroleh. “Saya menyebutnya Rambo syndrom,” katanya.” Sebab, orang-orang ini menjahit dengan menggunakan benang gigi atau tali pancing. Obat biusnya adalah Jack Daniel’s. Mereka yang beruntung bisa terhindar dari infeksi, walaupun tetap memiliki luka barut yang menyeramkan.
[Read More...]


4 Makanan Pendongkrak Kejantanan



Ingin kejantanan Anda bertambah, tubuh semakin berotot, dan lemak ‘terusir’ dari tubuh? Demi Anda, pembaca setia Men’s Health Indonesia, kami beberkan rahasia empat asupan yang mampu mewujudkan harapan Anda. Kuncinya sebenarnya sederhana, Anda hanya perlu menggali lebih jauh potensi yang terkandung dalam makanan di sekitar Anda.

1. Keajaiban Buncis. Bulir-bulir ajaib ini mengandung zat seng yang proporsinya di atas jenis sayuran lain. Mineral ini dikenal sebagai elemen pendongkrak kadar testosteron yang efektif. Bahkan, kandungan zat seng dalam buncis menjadi rival daging merah.

2. Khasiat Gandum. Apa pun jenis makanan yang diolah dari gandum, mengandung komponen Avena sativa. Elemen ini merangsang hormon testosteron untuk melaju melalui aliran darah di tubuh Anda.

3. Kejantanan Keju. Sebuah penelitian yang dilansir di Journal of Applied Physiology menunjukkan, pria yang mengonsumsi lemak jenuh (ditemukan pada keju) dan lemak tak jenuh memiliki kadar testosteron yang tinggi dalam tubuhnya.

4. Ketangguhan Bayam. Daun bayam kaya kandungan vitamin E yang berfungsi memelihara suplai hormon testosteron dalam tubuh. Tapi ingat, jangan mengonsumsi asupan ini lebih dari satu kemasan salad setiap harinya. Porsi bayam yang terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah Anda.
[Read More...]


KB pun Butuh Teknologi Informasi



Untuk menjawab tantangan zaman dan mempercepat pencapaian target program Keluarga Berencana, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional/BKKBN mulai menggunakan teknologi informasi dan komunikasi/ICT.

"Permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan program KB di era desentralisasi sekarang ini adalah terhambatnya jalur komunikasi antara pusat dengan petugas di lini lapangan, padahal ujung tombak program KB berada di tangan petugas lapangan tersebut," kata Kepala BKKBN Sugiri Syarief saat Seminar Information Communication Technology/ICT Update Pengembangan dan Implementasi ICT pada Program KB Nasional di Jakarta, Rabu (9/7).

Sekarang ini menurut Sugiri Syarief, jalur komunikasi dari lini lapangan ke pusat dan sebaliknya terasa begitu lambat. Oleh karena itu salah satu upaya untuk memperpendek waktu tempuh penyebarluasan data dan informasi adalah melalui pendayagunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.

Sugiri Syarief pun mencanangkan tanggal 9 Juli 2008 sebagai tonggak sejarah Revolusi budaya kerja berbasis Teknologi Informasi dalam manajemen Program KB Nasional .

Revolusi budaya kerja dalam organisasi yang dimaksud di sini antara lain adalah perubahan perilaku dari sesuatu yang sifatnya manual dan paper based menjadi sesuatu yang bersifat elektronik. Sebagai contoh, sub sistem Pencatatan dan Pelaporan yang selama ini dikembangkan masih menggunakan formulir-formulir yang harus dibuat rekapitulasinya pada setiap tingkatan wilayah.

Bisa dibayangkan betapa panjangnya proses yang harus dilalui, padahal di lain pihak ada teknologi yang dapat membantu kita untuk melakukan rekapitulasi pada masing-masing tingkat wilayah, jadi kita cukup memasukkan data dari tingkat yang paling rendah langsung ke pusat kemudian didistribusikan kembali melalui jaring internet, kata Sugiri Syarief.

Dengan cara ini diharapkan pencapaian program KB dapat diikuti secara cepat sehingga apabila terjadi kekeliruan dapat diketahui secara cepat kemudian dilakukan penyesuaian dengan cepat pula.

[Read More...]


Kesehatan Terkait Erat dengan Ketahanan Nasional



Kesehatan fisik suatu bangsa sangat terkait erat dengan ketahanan nasionalnya. Oleh karena itu Departemen Kesehatan dan Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Darat/TNI-AD menjalin kerjasama terkait dengan ketahanan nasional.

"Perang di masa mendatang bisa jadi tidak lagi menggunakan misil, tetapi bisa saja menggunakan senjata biologis yang berasal dari data biologis," kata Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari seusai penandatangan Kesepakatan kerja sama bidang kesehatan dengan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Agustadi Sasongko Purnomo di Jakarta, Kamis (10/7).

Kesepakatan kerja sama ini merupakan lanjutan kesepakatan terakhir yang ditandatangani pada tahun 1999 dan berakhir pada 2004 lalu. Kerja sama melingkupi penyediaan pelayanan kesehatan dasar dan rujukan, penanggulangan bencana massal, kegiatan bakti sosial, penyediaan obat dan alat kesehatan sesuai kebutuhan, pemenuhan tenaga kesehatan di sarana pelayanan dan penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengembangan ilmu peng etahuan dan teknologi di bidang kesehatan.

Pelayanan kesehatan mencakup pula pelayanan di daerah konflik, terpencil, kepulauan dan terasing. Selain itu Depkes dan TNI-AD bekerjasama untuk penyehatan lingkungan, kesehatan matra darat, serta pemberantasan dan penanggulangan penyakit.

"Kesehatan para prajurit TNI itu siapa yang memikirkan mereka? Kalau mereka dimasukkan ke program Jamkesmas, mereka bukan orang miskin, tetapi anggota TNI yang berpangkat prajurit. Kami meminta masukan dari TNI-AD, apa perlu kami dirikan Pos Kesehatan Prajurit?" kata Menkes.

Selain itu, Menkes menegaskan bahwa kerjasama dengan TNI-AD ini memang perlu karena sekarang ini ada beberapa penyakit yang perlu sudut pandang yang tidak sama dengan dulu.

"Indonesia ini negara strategis dan kaya raya yang bisa menjadi sasaran negara lain yang ingin memanfaatkan negara kita, karena itu kerjasama dengan TNI-AD sangat perlu," tutur Menkes.

Menurut Menkes, Indonesia belajar dari keberadaan NAMRU-2 yang berada di bawah Angkatan Laut Amerika Serikat. NAMRU-2 ada di Jakarta itu menunjukkan upaya ketahanan nasional suatu bangsa, dalam hal ini Amerika Serikat. "Ini bisa jadi cermin untuk Depkes dan TNI-AD bekerjasama," kata Menkes.

[Read More...]


Masturbasi Bikin Disfungsi Ereksi?



T. Apakah sering masturbasi dapat menyebabkan disfungsi ereksi? Saya masturbasi setidaknya sekali atau dua kali dalam sehari. Biasanya, saya dapat bertahan melakukannya selama 3-5 menit. Kini, saya berejakulasi hanya dalam 20 detik. Saya takut itu akan mempengaruhi kehidupan seks saya di masa depan. Haruskah saya berhenti bermasturbasi?

J. Banyak penyebab terjadinya disfungsi ereksi, termasuk masalah pikiran, sistem sirkulasi dan sistem saraf. Kalau Anda dalam kondisi fit dan sehat, masturbasi 1-2 kali sehari tidak memberi pengaruh buruk, bahkan itu merupakan penyaluran stres yang baik.

Semakin sering masturbasi, semakin lama Anda bisa menahan ereksi, oleh karena itu diperlukan variasi dalam menstimulasi. Mungkin saja Anda perlu melakukan stimulasi baru, sehingga berejakulasi lebih cepat.

Jika Anda merasa terlalu sering masturbasi, cobalah alihkan perhatian dengan dengan berolahraga atau hobi lainnya. Sekali atau dua kali masturbasi seharusnya tidak mempengaruhi aktivitas seksual tapi perlu dilakukan penyesuaian. Cobalah dengar apa kata tubuh Anda dan ciptakan keseimbangan.
[Read More...]


Vagina Kering Bikin Lecet Penis Suami



T. Vagina saya sangat kering dan kadang menyebabkan lecet pada penis suami saya. Apa yang harus saya lakukan?

J. Tergantung dari penyebab kekeringan tersebut. Vagina kering dapat merupakan gejala datangnya menopause jika kamu berumur 40-an hingga 50-an. Juga terdapat kemungkinan menopause dini jika Anda berusia lebih muda dari itu. Kekeringan vagina juga dapat disebabkan kurangnya rangsangan atau stimulan sebelum melakukan hubungan, jadi sebaiknya lakukan ‘foreplay’ sebelum memulai seks. Banyak kasus kekeringan disebabkan oleh hormon dan kurangnya lubrikasi, bila itu adalah penyebabnya, maka ini bukanlah masalah yang sulit. Periksakan ke dokter kondisi kulit penis suami Anda. Jangan diabaikan karena bisa menimbulkan rasa sakit, bernanah atau luka.
[Read More...]


Awas, Makin Banyak Orang Sakit Jiwa!



JUMLAH penderita gangguan jiwa di daerah perkotaan terus meningkat seiring dengan makin beratnya tekanan hidup, baik secara ekonomi maupun sosial seiring dengan menaiknya harga bahan bakar minyak (BBM). Mereka umumnya mengalami gangguan psikologis dan perilaku sehingga menurunkan produktivitas mereka dan menghambat interaksi sosial dengan lingkungan sekitar.

"BBM itu faktor dominonya kemana-mana. Harga-harga makin naik, sehingga banyak orang depresi," kata Sekretaris Rumah Sakit Jiwa/RSJ Menur Provinsi Jawa Timur dr Hendro Riyanto yang sedang berada di Jakarta, Rabu (9/7).

Di RSJ Menur menurut Kepala Sub Bidang Rekam Medik dan Informasi Bambang Nuji, jumlah pasien rawat inap di RSJ mengalami peningkatan terutama pada bulan Mei 2008 yakni mencapai 200 pasien. Ini adalah angka tertinggi selama satu semester 2008 untuk pasien rawat inap. Januari 2008 sebanyak 182 pasien, Februari 2008 158 pasien, Maret 2008 179 pasien, April 2008 188 pasien, Mei 2008 200 pasien dan Juni 2008 165 pasien.

Sedangkan untuk pasien rawat jalan di bulan Januari 2008 sebanyak 2.151 kunjungan, Februari 2008 1.923 kunjungan, Maret 2008 1.958 kunjungan, April 2008 1.152 kunjungan, Mei 2008 2.121 kunjungan, Juni 2008 2.141 kunjungan.

"Total pasien rawat inap Januari-Juni 2008 sebanyak 1.072, dan pasien rawat jalan Januari-Juni 2008 ada 12.445 kunjungan," kata Bambang Nuji. Hendro Riyanto mengatakan, menaiknya jumlah pasien di RSJ juga akibat penggunaan kartu Asuransi Kesehatan bagi Masyarakat Miskin/Askeskin, sehingga mereka bisa berobat gratis.

"90 persen pasien yang menderita gangguan jiwa ini adalah orang miskin, dan 70 persen di antaranya disebabkan karena masalah ekonomi, seperti menganggur, korban Pemutusan Hubungan Kerja/PHK sehingga keluarganya terlantar dan dia terganggu jiwanya," kata Hendro Riyanto

Selain itu, persoalan yang kini terjadi di Surabaya adalah makin banyaknya gelandangan psikotik yang berkeliaran di kota Surabaya karena tidak diurus keluarga mereka. Mereka ini ditampung di Dinas Sosial. Jumlahnya ada 600 orang. Kalau kondisinya parah, baru mereka dibawa ke RSJ Menur untuk berobat, kata Hendro Riyanto.

Untuk itu, dr Fidiansyah SpKJ, Wakil Direktur Medik Rumah Sakit Jiwa Soeharto Herdjan Jakarta, saat dihubungi di Jakarta, Rabu (9/7), menyatakan pemerintah seharusnya meningkatkan akses masyarakat terhadap fasilitas pelayanan kesehatan jiwa. Hal ini bisa ditempuh dengan menempatkan kesehatan jiwa sebagai salah satu kesehatan dasar yang harus diberikan di setiap pusat kesehatan masyarakat.

Saat ini, jumlah penderita gangguan jiwa ringan dan sedang sangat banyak di kalangan masyarakat. Diperkirakan, 20-30 persen dari total populasi penduduk di perkotaan mengalami gangguan jiwa ringan dan berat. Selain itu, sekitar satu persen dari total jumlah penduduk mengalami gangguan jiwa berat sehingga harus mendapat pengobatan di rumah sakit atau penyedia layanan kesehatan jiwa lain.

Sayangnya, sampai saat ini jumlah penderita gangguan jiwa yang telah mendapat pengobatan masih sangat terbatas. Untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan jiwa, kami mengadakan mobil keliling pelayanan kesehatan jiwa yang mengunjungi puskesmas-puskesmas di Jakarta. Selain mendeteksi warga yang mengalami gangguan jiwa, mobil keliling ini juga untuk mempermudah pasien yang sudah selesai dirawat di rumah sakit jiwa untuk kontrol secara teratur, ujarnya.

Penderita gangguan jiwa harus kontrol secara teratur untuk mengatasi gangguan neurotransmiter di dalam tubuhnya. Jika tidak berobat secara teratur dengan dosis yang sangat kecil, maka penderita bisa mengalami kekambuhan. Penderita gangguan jiwa itu seperti penyakit lain yang membutuhkan pengobatan dalam jangka panjang. "Kondisi kesehatan jiwanya harus terus dikontrol agar bisa beraktivitas sehari-hari secara normal," kata Fidiansyah.

Penyebab gangguan kejiwaan itu multifaktor, bukan hanya karena tekanan ekonomi, ujarnya menambahkan. Jika penderita gangguan jiwa ringan dan berat tidak segera ditangani, maka gejalanya akan bertambah berat dan bisa mengakibatkan munculnya perilaku anarkhis dalam menghadapi persoalan pribadi dan sosial. Hal ini bisa dilihat dalam sejumlah kerusuhan yang dilakukan sekelompok masyarakat.

[Read More...]


Return to top of page Copyright © 2011 | DIAN SETIAJI Converted into Blogger Template by ARTIKEL KESEHATAN INDONESIA